Jokowi Mau Pidato Obama Pamit, Peserta Sidang Bubar - Suara Medan | Info Medan Terkini

Jokowi Mau Pidato Obama Pamit, Peserta Sidang Bubar

Jokowi mau Pidato karena Peserta Sidang Bubar
SUARAMEDAN.com - Agenda pertemuan Mission Inovation yang digelar di sela-sela KTT Paris pada Senin (30/11) sore waktu setempat menjadi sedikit kacau.

Momen yang tidak mengenakkan bagi Preisiden Jokowi, Acara yang melibatkan Bill Gates tersebut memang molor dari jadwal yang ditetapkan.

Singkat cerita, ketika Pembawa acara yang berbahasa Prancis mempersilakan Presiden Jokowi maju ke podium untuk menyampaikan pidatonya.

Namun, belum sempat Jokowi maju ke atas panggung, Presiden Obama sudah berdiri untuk pamit meninggalkan ruangan. Melihat Obama pergi, para pemimpin negara lain serta merta ikut bangkit dan meninggalkan acara, antara lain PM Jepang Shinzo Abe, PM Norwegia Erna Solberg, PM Arab Saudi, Presiden Kanada dan Presiden Korea.

Kekacauan itu tak pelak membuat Jokowi bingung. Presiden terlihat sempat berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsoedi sampai akhirnya memutuskan untuk ikut meninggalkan tempat acara. Padahal, interpreter dari Kementerian Luar Negeri, yang bertugas menerjemahkan pidato Jokowi dari bahasa Indonesia ke Inggris, sudah siaga di kotak penyulih bahasa.

Di luar hall pertemuan, terlihat masih ada beberapa pemimpin dunia yang berbincang-bincang satu sama lain, termasuk Jokowi. Setelah perbincangan usai, Jokowi langsung menuju satu kursi yang berada di tengah-tengah ruangan dan duduk sendiri. Presiden terlihat berpikir.

Tergambar jelas di wajahnya gurat kelelahan karena agenda yang padat sepanjang hari. Berdiri mengelilingi Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno Marsoedi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Terlihat jelas Jokowi kecewa. Namun, ia berusaha berbesar hati karena bagaimana pun hal itu bukan kesalahannya. [SM]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Jokowi Mau Pidato Obama Pamit, Peserta Sidang Bubar"

Post a Comment