Alamak ! Nama Luhut Disebut 66 Kali di Rekaman Utuh Setya Novanto - Suara Medan | Info Medan Terkini

Alamak ! Nama Luhut Disebut 66 Kali di Rekaman Utuh Setya Novanto

Alamak ! Nama Luhut Disebut 66 Kali di Rekaman Utuh Setya Novanto
SUARAMEDAN.com - Nama Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan disebut 66 kali dalam percakapan yang ditengarai terjadi dalam pertemuan antara Setya, Riza, dan petinggi PT Freeport Indonesia itu.

Luhut disebut-sebut sebagai kunci dalam renegosiasi perpanjangan kontrak Freeport—yang bakal habis pada 2021. Transkrip rekaman utuh berupa infografis yang diduga pembicaraan antara Ketua DPR RI Setya Novanto , Bos Freeport dan pengusaha Riza Chalid diperdengarkan dalam sidang MKD DPR RI, Rabu/03 Desember 2015.

Kasus ini sudah dilaporkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Sudirman mengadukan dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla oleh Setya Novanto. MKD menyatakan bahwa rekaman yang diserahkan Sudirman berdurasi 11 menit 38 detik. MKD mempertanyakan rekaman utuh percakapan karena lama pertemuan Setya dan Freeport mencapai dua jam.

Dilansir pada laman Tempo.co, Luhut tak khawatir apabila Mahkamah Kehormatan Dewan memanggilnya untuk dimintai keterangan terkait dengan kasus tersebut. "Ya, saya akan datang (ke MKD)," kata Luhut.

Ia menegaskan tak pernah setuju atas perpanjangan kontrak Freeport. "Saya tak pernah terlibat gituan, posisi saya jelas. Saya enggak pernah setuju ada perpanjangan Freeport sebelum waktunya, 2019."

Sebelumnya, Luhut mengatakan pernah tiga kali didatangi bos Freeport-McMoran, James R. Moffet. Kedatangan Jim Bob, begitu Moffet biasa disapa, bertujuan agar kontrak Freeport yang berakhir pada 2021 bisa segera diperpanjang pemerintah Indonesia.

"Tiga kali dia datang kepada saya," tutur Luhut saat diwawancarai Tempo pada Kamis, 19 November 2015. Jim Bob datang dua kali ke Bina Graha saat Luhut masih menjabat Kepala Kantor Staf Presiden. Suatu ketika, Jim Bob datang bersama Duta Besar Amerika Serikat Robert O. Blake ke rumah Luhut di kawasan Kuningan.

Luhut berkukuh tak akan memperpanjang kontrak Freeport. Luhut menjelaskan, salah satu sebabnya adalah ketidakpatuhan Freeport pada Undang-Undang tentang Mineral dan Batu Bara. 

Sumber : Tempo.co

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Alamak ! Nama Luhut Disebut 66 Kali di Rekaman Utuh Setya Novanto"

Post a Comment