BSMI : Ayo Bangun Klinik untuk Rohingya - Suara Medan | Info Medan Terkini

BSMI : Ayo Bangun Klinik untuk Rohingya


BSMI : Ayo Bangun Klinik untuk Rohingya
SUARAMEDAN.com -BSMI turut serta dalam membangun fasilitas shelter dengan mendirikan Klinik Kesehatan seluas 10 x 20 meter dilokasi tersebut. Nantinya Klinik Kesehatan ini menjadi klinik yang akan melayani berbagai keluhan penyakit yang dialami pengungsi rohingya dan warga sekitar yang membutuhkan.

BSMI : Ayo Bangun Klinik untuk Rohingya
BSMI : Ayo Bangun Klinik untuk Rohingya
 
BSMI : Ayo Bangun Klinik untuk Rohingya
Kondisi Shelter/pemukiman Rohingya yang lama di Gudang pelabuhan Langsa


BSMI : Ayo Bangun Klinik untuk Rohingya
Lahan Seluas 6 Hektar tempat dimana akan dibangun shelter/klinik baru di Daerah Timbang Langsa
Anda masih ingat dengan tragedi genosida Muslim ROHINGYA yang dibantai habis2an di negaranya, yang memaksakan mereka keluar dari negaranya, terombang-ambing di tengah lautan berbulan bulan dan hingga pada akhirnya lebih dari 1.000 org terdampar di laut aceh sebagian di louksmawe dan sebahagian lg ada di Gudang Pelabuhan Langsa..
Berbondong bondong seluruh element anak negeri mulai dari pihak pemerintah sampai NGO swasta berusaha membantu dan berusaha memberikan kontribusi guna Melindungi mereka dari kekerasan kemanusiaan yg dialami, bantuan logistik, bantuan makanan, bantuan pendidikan, bantuan kesehatan, bahkan bantuan hukum serta pendirian Shelter ( barak) buat kenyamanan serta keberlangsungan hidup mereka dan lain sebagainya..

Kini kurang lebih 6 bln mereka sudah berada di negara kita tepatnya di aceh louksmawe dan langsa sudah terlihat bahagianya mereka dgn rangkulan kita sesama saudaranya, bahkan hari ini sebahagian mereka sudah mampu berbahasa Indonesia..
Tonton Video Rohingya Terkini https://youtu.be/HfWnEhi66o4

Namun saat ini pemukiman atau Shelter yg mereka huni akan di bongkar dan akan di pindah lokasikan ke daerah Timbang Langsa dengan lahan seluas 6 Hektar yg sudah disiapkan oleh Pemerintah setempat dalam hal ini Pemko Langsa guna dijadikan Shelter/pemukiman baru buat mereka..

Di lahan seluas 6 Hektar ini juga akan di bangun beberapa unit Shelter/pemukiman laki-laki dan perempuan yg rencananya dibangun terpisah, Mushollah, Aula, sekolah bahkan Poliklnik dll dengan melibatkan bebarapa NGO satu diantaraya adalah keterlibatan BSMI (BULAN SABIT MERAH INDONESIA) WIL.Sumatera Utara yang mulai dari awal sampai saat ini masih tetap memberikan kontribusi atau bantuan baik bantuan logistik, kebutuhan pokok dan yang lebih khusus yaitu bantuan Kesehatan berupa pendirian Posko Kesehatan buat mereka..

Beberapa hari yang lalu sesuai hasil Rapat dengan Pemko dan SATGAS Langsa dan beberapa NGO yang lain yang pastinya terlibat penuh, maka BSMI di percayakan dan di beri tanggung jawab dalam hal pendirian Bangunan Poliklinik di Timbang Langsa.

Pengungsi Rohingya yang selama ini tinggal di shelter Pelabuhan Kuala Langsa kini telah dipindahkan ke dusun nelayan, Desa Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa. Shelter pengungsi muslim yang telah ditetapkan UNHCR sebagai pencari suaka ini dibangun atas partisipasi berbagai Lembaga Kemanusiaan dan Pemda, shelter tersebut akan difasilitasi berbagai sarana seperti mushala, ruang belajar, arena bermain anak-anak, dan lainnya.

BSMI turut serta dalam membangun fasilitas shelter dengan mendirikan Klinik Kesehatan seluas 10 x 20 meter dilokasi tersebut. Nantinya Klinik Kesehatan ini menjadi klinik yang akan melayani berbagai keluhan penyakit yang dialami pengungsi rohingya dan warga sekitar yang membutuhkan.

Ketua BSMI Prov.Sumut dr.Nuryunita Nainggolan, Sp.P (K) menyebutkan Klinik Kesehatan sangat dibutuhkan bagi para pengungsi sebab akses ke pusat layanan kesehatan dan Kota Langsa sangat jauh dari lokasi pengungsian. Berbagai masalah kesehatan yang bersifat darurat yang membutuhkan penanganan segera dapat dilakukan di klinik tersebut, tidak hanya untuk pengungsi rohingya namun bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan pelayanan kesehatan juga akan dilayani, ujarnya.

Pembangunan Klinik BSMI di lokasi Pengungsian Rohingya di Desa Timbang Langsa telah dimulai pada hari Senin, Tanggal 30 nopember 2015. Target pembangunan selesai selama 30 hari.

BSMI membuka kesempatan dan mengajak seluruh masyarakat, lembaga dan instansi untuk berpartisipasi dalam pembagunan Klinik Kesehatan tersebut.

Donasi dapat disalurkan melalui:

Bank Syariah Mandiri:
7066984693 a/n Bulan sabit merah indonesia

☎ contact person:
0852 7010 2302 | 0852-7562-5209
_________________________________________________
Sekretariat: Jl. Pasar 1 no. 72 D, Tanjung Sari, Setia budi, Medan

www.bsmisumut.or.id

KK : Suara Medan

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "BSMI : Ayo Bangun Klinik untuk Rohingya "

Post a Comment