Agus Rahardjo Pimpin KPK - Suara Medan | Info Medan Terkini

Agus Rahardjo Pimpin KPK

Agus Rahardjo Pimpin KPKSUARAMEDAN.com - Agus Rahardjo terpilih menjadi Ketua KPK periode 2015-2019, dengan mendapat perolehan suara terbanyak dalam pemilihan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Kepala Lembaga Kebijakan Barang dan Jasa Pemerintah itu mengantongi 44 dari 54 suara anggota Komisi Hukum DPR.


"Dengan demikian ketua KPK 2015-2019 ditetapkan Saudara Agus Raharjo," ujar Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin di ruang rapat Komisi Hukum DPR, Jakarta, Kamis (17/12) malam.

Ketua Komisi III Aziz Syamsudin mengatakan bahwa hasil ini
akan dibacakan pada rapat paripurna besok, sebelum penutupan masa sidang kedua DPR periode 2015-2016.

Nantinya, Agus akan memimpin lembaga antirasuah bersama empat wakil. Mereka adalah Basariah Panjaitan, Saut Situmorang, Alexander Marwata dan La Ode Muhammad Syarif.Keseluruhan pimpinan KPK merupakan orang-orang baru di KPK.

Pada saat diuji kelayakan dan kepatutannya, Agus mengatakan target KPK bukan menghukum para koruptor, melainkan menurunkan angka korupsi di Indonesia. Karenanya, KPK harus bersinergi dengan lembaga penegak hukum lainnya yakni Kejaksaan Agung, Kepolisian dan masyarakat.

Selain itu, dia juga berencana akan mengembangkan sistem koordinasi baru berbasis jaringan elektronik antar penegak hukum.
Dengan demikian, sistem koordinasi antar lembaga penegak hukum semakin optimal.

Agus lama menjadi pegawai negeri sipil, bahkan delapan tahun menjadi pejabat eselon II di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pada tahun 2006, dia juga sempat menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ) Kantor Kementerian Negara Perencanaan
Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Berikut hasil perhitungan pemilihan Ketua KPK di Komisi Hukum DPR RI:

Agus Rahardjo :‎ 44 suara
Saut Situmorang :‎ 1 suara
Laode Muhamad Syarif : ‎0 suara
Basaria Panjaitan :‎ 9 suara
Alexander Marwata : 0 suara‎ (sur)

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Agus Rahardjo Pimpin KPK"

Post a Comment