Plt Gubsu Himbau Jangan Sampai Generasi Muda Sumut Cuma Jadi Penonton - Suara Medan | Info Medan Terkini

Plt Gubsu Himbau Jangan Sampai Generasi Muda Sumut Cuma Jadi Penonton

Plt Gubsu Himbau Jangan Sampai Generasi Muda Sumut Cuma Jadi Penonton
SUARAMEDAN.com - Plt Gubsu H T Erry Nuradi mengajak institusi dan pemangku kebijakan pendidikan  memacu kualitas pendidikan untuk menghasilkan SDM yang mampu bersaing di era MEA."Anak-anak kita harus mampu bersaing di era globalisasi. Jangan sampai generasi muda kita cuma jadi penonton. Kuncinya ada pendidikan yang berkualitas untuk SDM yang berkualitas," ujar Plt Gubsu saat menghadiri acara Gebyar STIE Tricom di Jalan  Marelan Raya, Sabtu (24/1).

"Saya berharap seluruh pihak, stakeholder dunia pendidikan bisa bersama membangun dunia pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang baik," katanya. Menurut Plt Gubsu, SUmatera Utara memeliki potensi sumberdaya alam yang luar biasa yang membutuhkan SDM terampil dan berkualitas untuk potensi yang ada.

Saat ini, jelasnya, Sumatera Utara diproyeksikan menjadi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Barat Indonesia dimana berbagai program pengembangan wilayah diarahkan di Sumut. Diantaranya pengembangan Kawasan Strategis Nasional Mebidangro (Medan,Binjai, Deliserdang dan Karo), Kawasan Strategis Nasional Danau Toba yang merupakan bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Ada pula Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei yang didukung dengan pengembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung berbasis alumunium di Kabupaten Batubara. Kawasan ini terintegrasi dengan pengembangan petikemas multi purpose kaula tanjung di Hub Internasional Kuala Tanjung.

Melihat tantangan dan peluang tersebut, Sumut tentu harus bersiap dengan memiliki SDM yang mampu bersaing sehingga dapat menjadi tuan rumah . "Alangkah disayangkan apabila generasi muda kita kelak hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri. Karena itu, pendidikan berkualitas demi menghasilkan  SDM yang mampu bersaing adalah tanggungjawab kita bersama," tegas Erry.

Dia mengungkapkan harapan agar institusi pendidikan bisa ikut menjawab tantangan dengan menyediakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan. Erry mencontohkan STIE Tricom kedepannya dapat menyediakan jurusan pengembangan pesisir. "Ini kan daerah pesisir, kalau bisa membuat jurusan yang berhubungan dengan sumber daya alam untuk bagmembangkitkan ekonomi kerakyatan kawasan pesisir," imbuh Erry.

Sementara itu, Rektor STIE Tricom Manda Dwipayani Bhastary menjelaskan rangkaian kegiatan Gebyar STIE Tricom antara lain Try out UN akbar, fashion show, lomva mewarnai, dan penyaluran bantuan bagi masyarakat kurang mampu kerjasama dengan ACT (aksi cepat tanggap).Kegiatan menurutnya bertujuan mengembangkan potensi dan kreatifitas generasi muda sekaligus bermanafaat bagi masyarakat. "kami ingin punya peran positif khususnya bagi masyarakat di lingkungan sekitar,"katanya. [SM]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Plt Gubsu Himbau Jangan Sampai Generasi Muda Sumut Cuma Jadi Penonton"

Post a Comment