Plt Gubsu Bahas Kerjasama Ekonomi dengan 13 Investor Asal Cina - Suara Medan | Info Medan Terkini

Plt Gubsu Bahas Kerjasama Ekonomi dengan 13 Investor Asal Cina

Plt Gubsu Bahas Kerjasama Ekonomi dengan 13 Investor Asal Cina
SUARAMEDAN.com - Difasilitasi oleh Konsulat Jenderal RRC di Medan, Plt Gubsu H T Erry Nuradi bertemu dengan 13 investor asal RRC untuk membahas kerjasama ekonomi. Bertempat di Hotel Grand Aston , pertemuan bertujuan  memecahkan masalah yang ada dan mendiskusikan kerjasama peluang ke depan. 

Hadir dalam kesempatan itu Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok untuk Medan Zhu Honghai, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan DR Arsyad, MM, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Provsu Ir Hj Purnama Dewi, MM, Kepala Dinas BInamarga Provsu Effendy Pohan, M.Si,  Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Ir Eddy Saputra SAlim, M.Si, Kepala Bappeda Deli Serdang Ir Irman, M.SI, Assisten Administrasi Pembangunan Setdakab Deliserdang, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Penanaman Modal Daerah Kab Langkat T Sofin Azhar, mewakili Badan Pertanahan Nasional Sumut dan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham SUmut.

Pertemuan dihadiri 13 perusahaan yang berinvestasi di Sumut yaitu China Harbour Engineering Co.Ltd  (proyek jalan tol Medan-Kualanamu), Shanghai Electric Power Contruction Co.Ltd (pembangkit listrik 2x150 MW di KIM), Guangdong Power Engineering (Pembangkit Listrik Pangkalan Susu  tahap I, 2x150 MW),  China Hydro Power International Engineering co.Ltd  (Pembangkit Listrik Pangkalan Susu  tahap II,  2x150 MW), China Huadian Coorporation (PLTA Asahan 2x90MW), Jiangxi Hydropower Construction (PLTA Pakkat  Kab Humbahas, 2x6,3 MW), Wuxi Justin Refractory Material (Medan Essence Factory Captive Powerplant), New Hope Group (Medan Feed Plant), Petro AP (Proyek pengeboran minyak Pangkalan Susu), Huawei Technologies (proyek pengembangan Telekomunikasi dan jaringan Sumatera), Shaodong County Dengshi Trade  (Binjai Lighter Factory), Shenyang Zongbao Trading (Pabrik Serat Palm), Shanghai Zhenhua Heavy Industry (Fasilitas Dock Crane Belawan),

Plt Gubsu H T Erry Nuradi menyatakan dukungan terhadap investasi RRC di Sumut dan  mengajak para investor untuk lebih terlibat dalam berbagai proyek strategis di Sumut. Berdasarkan data Badan Penanaan Modal dan Investasi Sumut, saat ini Rencana investasi dari Tiongkok senilai 368,75 juta USD, namun  baru terealisasi 8,44 juta USD.

Karena itu, Erry berharap ke depannya realisasai investasi bisa lebih meningkat. Di hadapan para investor, Erry memaparkan beberapa proyek strategis diantaranya pengembangan transportasi publik (mass rapid transport), pembangunan kawasan industry dan pelabuhan internasional Kuala Tanjung, pengembangan hilirisasi alumunium di Batubara, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei dan Kawasan Strategis Nasional Danau Toba. “PT Inalum misalnya akan segera membangun pembangkit listrik 700MW untuk mendukung peleburan,” kata Erry.

Erry mengatakan pihaknya akan berupaya sebisanya mendukung investasi di Sumut dan dia juga meminta Kabupaten/kota juga ikut mendukung. “Bila ada persoalan yang memerlukan dukungan Pemerintah Daerah, silahkan komunikasi  ke Konjen dan nanti Konjen bisa menyampaikan kepada kami,” ujar Erry.

Sementara itu, Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok untuk Medan Zhu Honghai mengatakan pertemuan sekaligus makan malam ini bertujuan memperkenalkan kerjasama ekonomi  dan memecahkan masalah yang ada dan mendiskusikan peluang yang ada. 

Selama tahun 2015 menurutnya hubungan Tiongkok dan Indonesia sudah diperkuat dengan kerjasama yang lebih luas. Indonesia menurutnya merupakan mitra perdagangan nomor satu selama dua tahun berturut-turut. Kerjasama ekonomi dan perdagangan semakin tinggi dimana di Pulau Sumatera terdata 46 perusahaan  dan 42 proyek yang dikerjakan investor asal negeri tirai bambu. Khusus untuk Sumut terdapat  13 proyek yang dikerjakan oleh perusahaan asal Tiongkok.

Menurutnya, konsul di Medan aktf mendorong kerjasama di berbagai bidang diantaranya infrastruktur energi dan lainnya. Dalam kesempatan itu pihaknya memperkenalkan perusahaan tiongkok, agar bisa berdiskusi agar proyek di Sumut berjalan lebih lancar. “Semoga tahun ini kerjasama dua negara semakin erat, dan dapat memberi kontribusi bagi rakyat setempat,” ,” ujar Zhu Honghai. [SM]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Plt Gubsu Bahas Kerjasama Ekonomi dengan 13 Investor Asal Cina"

Post a Comment