Peprerangan Di Depan Mata, Arab Saudi Putus Hubungan Diplomatik dengan Iran - Suara Medan | Info Medan Terkini

Peprerangan Di Depan Mata, Arab Saudi Putus Hubungan Diplomatik dengan Iran

Peprerangan Di Depan Mata, Arab Saudi Putus Hubungan dengan Iran
SUARAMEDAN.comBuntut dari Kerseteruan antara Arab Saudi dan Pemerintahan Syiah Iran, Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, mengumumkan pememutusan hubungan diplomatik dengan Iran pada Minggu (03/01) malam, setelah demonstran menyerbu kedutaan besar Saudi di Teheran.

Orang-orang berunjuk rasa di kantor kedutaan Saudi di ibu kota Iran tersebut untuk memprotes pelaksanaan hukuman mati terhadap ulama Syiah terkemuka oleh pemerintah Saudi, Nimr al-Nimr, hari Sabtu (02/01), yang dikatakan terlibat kasus terorisme.

Dalam keterangan pers, Adel al-Jubeir mengatakan pemerintahnya tidak akan membiarkan Iran "mengganggu keamanan dalam negeri" Saudi.

"Iran telah membagikan senjata dan menanam sel-sel teroris di kawasan, termasuk di Saudi ... ada intervensi dan agresi negatif terhadap masalah-masalah Arab yang diikuti dengan kematian dan kerusakan," kata Adel al-Jubeir.

Selain membekukan hubungan diplomatik dengan Teheran, Menlu Adel al-Jubeir juga memerintahkan semua diplomat Iran untuk meninggalkan Saudi dalam 48 jam.

Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengecam serangan terhadap kantor kedutaan Saudi di negaranya namun ia juga menyalahkan pemerintah di Riyadh, yang ia katakan memicu kemarahan dengan mengeksekusi ulama Syiah

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Peprerangan Di Depan Mata, Arab Saudi Putus Hubungan Diplomatik dengan Iran"

Post a Comment