Ledakan Bom Mengguncang Turki, 10 Orang Tewas - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ledakan Bom Mengguncang Turki, 10 Orang Tewas

Ledakan Bom Mengguncang Turki, 10 Orang Tewas
SUARAMEDAN.com - Istanbul – Ledakan Bom kembali lagi mengguncang turki, kali ini serangan bom terjadi di pusat wisata di Istanbul, Turki, pada Selasa, 12 Januari 2016. Presiden Turki Recep Thayib Erdogan menuding ledakan itu dilakukan oleh anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) bertujuan melemahkan perekonomian Turki.

Diperkirakan dampak dari insiden tersebut Turki bakal kehilangan pemasukan sebesar US$ 30 miliar atau setara dengan Rp 416 miliar dari sektor wisata.

Salah satu reaksi akibat ledakan mematikan di dekat Masjid Biru, Istanbul, itu dikeluarkan oleh pemerintah Jerman. Warga Jerman di Istanbul diminta menghindari kerumunan massa dan tempat wisata lainnya.

Serangan yang dilakukan oleh seorang pria warga negara Arab Saudi berusia 28 tahun itu diidentifikasi oleh polisi sebagai angggota ISIS. Dia meledakkan bom dekat kerumuman wisatawan asal Jerman yang mengakibatkan 10 orang tewas dan 15 lainnya luka-luka.

Ledakan bom bunuh diri yang menghantam sisi kanan sebuah tugu lancip berusia 3.500 tahun dan beberapa meter dari Masjid Biru itu juga melukai distrik bersejarah Istanbul. Tak jauh dari lokasi kejadian, penjaga toko menerangkan bahwa dia mendengar suara ledakan dan melihat sejumlah orang berlarian meninggalkan tempat tesebut. “Kami kira candela toko akan hancur,” ucapnya kepada TIME.

Seluruh korban tewas adalah warga negara asing, delapan di antaranya warga Jerman. “Selama beberapa tahun, kami warga Jerman belum pernah dihantam serangan yang begitu keras oleh teroris sebagaimana yang terjadi di Istanbul saat ini,” kata Menteri Luar Negeri Frank-Walter Steinmeier. Lebih dari lima juta warga Jerman mengunjungi Turki tahun lalu.

Perdana Menteri Tukri, Ahhmet Davutoglu, menyampaikan duka cita mendalam kepada Kanselir Jerman Angela Merkel. Dalam sebuah pernyataan, pelaku bom bunuh diri seperti disampaikan oleh polisi bernama Nabil Fadli adalah anggota ISIS. Namun demkian, hingga kini, ISIS belum menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ledakan Bom Mengguncang Turki, 10 Orang Tewas"

Post a Comment