Terdeteksi, Ternyata Peretas Akun FB Polisi Yang Hina Jokowi Asal Sumut - Suara Medan | Info Medan Terkini

Terdeteksi, Ternyata Peretas Akun FB Polisi Yang Hina Jokowi Asal Sumut

Terdeteksi, Ternyata Peretas Akun FB Polisi Yang Hina Jokowi Asal Sumut


SUARAMEDAN.com -Pasca mendapat laporan Briptu Cinde Ary Bhakti terkait akun facebooknya (FB) dibajak hacker untuk menipu dan menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi), tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jawa Timur langsung melakukan pendalaman. 

Hasilnya, si peretas akun FB milik anggota Ditlantas Polda Jawa Timur itu, diketahui berada di Sumatera Utara. Untuk lokasi pastinya, polisi masih menelusurinya.

Informasi ini dibenarkan Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Verdianto Iskandar Batticaca, saat dikonfirmasi wartawan di Mapolda Jawa Timur, Senin (28/12) seperti dilansir merdeka.com.

"Informasinya, pelaku terlacak di Sumatera Utara. Untuk lokasi pastinya, masih didalami," katanya singkat. 

Sayang, Verdianto masih enggan mengungkap secara detil kasus yang menimpa anggotanya itu. Dia berdalih, kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihak Ditreskrimsus Polda Jawa Timur. Sehingga pihaknya belum mengetahui hasil keseluruhan penyelidikan sementara tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jawa Timur. 

Diberitakan sebelumnya, netizen sempat dihebohkan dengan status yang diunggah pemilik akun FB Cinde Ary Bhakti, yang diketahui anggota Ditlantas Polda Jawa Timur.

Mengetahui kejadian ini, anggota polisi berpangkat briptu ini pun langsung melapor ke SPKT Polda Jawa Timur, Senin pagi tadi, dan langsung direspons tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jawa Timur. 

Diungkap Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol R Prabowo Argo Yuwono, sebelum mengunggah status menghina presiden, akun FB milik Briptu Cinde itu sempat digunakan untuk menipu perempuan asal Magetan. 

Dan sebulan lalu, pihak kepolisian di Magetan berhasil menangkap si pembajak FB milik Briptu Cinde, yang menipu uang Rp 20 juta serta berjanji menikahi korbannya tersebut. 

Meski berhasil menangkap si peretas, yang memanfaatkan akun FB Briptu Cinde itu, ternyata FB yang menampilkan foto profil Briptu Cinde dengan seragamnya itu, masih aktif. Celakanya, akun media sosial itu, kini digunakan untuk menghina presiden. 

"Akun FB-nya dibuat sudah lama. Tapi tiga bulan lalu tidak bisa dibuka. Lalu yang bersangkutan membuat akun baru, karena menganggap yang lama sudah rusak. Lalu, FB-nya itu digunakan untuk menipu, korbannya wanita asal Magetan, dan pelakunya sudah ditangkap," kata Prabowo. 

Selanjutnya, tanggal 20 Desember, akun FB Briptu Cinde yang diketahui telah diretas itu, tiba-tiba mengunggah status yang menghebohkan jagad maya. Si pengguna FB milik Briptu Cinde itu, terang-terangan menghina Presiden Jokowi. "Tiba-tiba ramai lagi. Akun FB anggota bersangkutan digunakan untuk menghina presiden. Pagi tadi, yang bersangkutan melapor ke SPKT," tandas Prabowo.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Terdeteksi, Ternyata Peretas Akun FB Polisi Yang Hina Jokowi Asal Sumut"

Post a Comment