Ini Rekomendasi Tim 9 Kemenpora Setelah Masa Jabatan Mereka Berakhir - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ini Rekomendasi Tim 9 Kemenpora Setelah Masa Jabatan Mereka Berakhir



SUARAMEDAN.com -Tim Sembilan bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga resmi dibubarkan. Bertugas selama empat bulan, tim ini menghasilkan sejumlah rekomendasi yang akan dilaporkan ke Menpora, Imam Nahrawi.

Penyerahan hasil tugas tersebut dilakukan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (6/5) dihadiri oleh lima anggota Tim Sembilan yaitu Oegroseno, Eko Tjipta Adi, Imam Prasodjo, Natalia Soebagio, dan Deputi V Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

"Tim Sembilan sudah selesai tugasnya. Bahan yang diberikan Tim Sembilan ini akan kami laporan ke Komisi X, ke Presiden dan wakil Presiden serta menteri terkait dan juga FIFA," ujar Sekretaris Menpora Alfitra Salamm.

Berikut ini 9 rekomendasi Tim Sembilan, yang secara khusus dibentuk pada awal Januari 2015, untuk "tata kelola sepakbola nasional yang lebih baik dan bermartabat":

1. Mendorong Kemenpora menandatangani nota kesepahaman antara Menpora dengan Kapolri. Salah satu tujuannya, mempermudah proses perizinan kegiatan keolahragaan.

2. Mendorong Kemenpora menandatangani nota kesepahaman antara Menpora dengan Pusat Pelaporan Dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK.)

3. Mendorong Kemenpora melalui BOPI, untuk bersama-sama Badan Intelkam Mabes Polri, Ditjen Imigrasi serta Ditjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja untuk pembentukan one stop service.

4. Tim Sembilan mendorong Kemenpora memprioritaskan kebutuhan, keberadaan, penyidik pengawai negeri sipil (PPNS) yang perlu dituangkan dalam RUU Sistem Keolahragaan Nasional.

5. Merekomendasikan kepada Menpora melalui BOPI untuk menunda atau tidak menerbitkan rekomendasi penyelenggaraan kompetisi ISL sampai dipenuhinya persyaratan standar pengelolaan organisasi dan standar penyelenggaraan keolahragaan.

6. Pemerintah harus mendorong PSSI untuk membuka peluang melalui fait and profer test pada berbagai pihak yang akan memimpin PSSI, seusai statuta FIFA.

7. Kemenpora harus melakukan monitoring yang intensif terhadap BOPI, mengingat godaan yang sangat tinggi.

8. Mempertimbangkan untuk menjadikan catatan kritis terhadap regulasi FIFA, AFC, dan PSSI untuk dipedomani secara serius oleh PSSI.

9. Khusus dugaan pengaturan skor, Tim Sembilan mendorong Kemenpora untuk menindaklanjuti secara objektif karena akan berdampak signifikan bagi profesionalisme pengelolaan sepakbola nasional seperti yang diatur dalam statuta FIFA.

Sumber: Detik.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ini Rekomendasi Tim 9 Kemenpora Setelah Masa Jabatan Mereka Berakhir"

Post a Comment