Nelayan Aceh Pantas Dapat Penghargaan, Selamatkan Imigran Rohingya - Suara Medan | Info Medan Terkini

Nelayan Aceh Pantas Dapat Penghargaan, Selamatkan Imigran Rohingya

Nelayan Aceh Pantas Dapat Penghargaan, Selamatkan Imigran Rohingya

SUARAMEDAN.com - Para nelayan Aceh telah menunjukkan rasa empatinya dengan menyelamatkan lebih seribu pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang terdampar di tengah perairan provinsi itu. Pemerintah diminta memberi penghargaan kepada para nelayan tersebut.

Permintaan itu disampaikan Koordinator Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya (AMPAR), Basri Effendi. "Pemerintah RI dan Pemerintah Aceh perlu memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para nelayan yang di tengah keterbatasannya, mereka turun tangan untuk membantu 'manusia perahu' yang sedang sangat menderita," katanya, Minggu (24/5/2015).


Seperti diketahui lebih seribu imigran asal Myanmar terdampar ke Aceh dalam dua pekan terakhir. Mereka ditemukan nelayan tradisional terapung di tengah lautan dalam keadaan kelaparan, setelah meninggalkan negaranya yang sedang bergejolak dan diusir negara-negara lain yang disinggahinya.
Dengan pertimbangan kemanusian para nelayan asal Aceh berjibaku menyelamatkan para manusia perahu yang sebagiannya melompat ke laut untuk meminta bantuan. Nelayan menarik mereka satu-satu ke dalam boat, untuk dibawa ke daratan.

Di daratan para nelayan bersama warga desa kemudian bahu membahu memberi bantuan darurat seperti makanan, minuman bahkan kain, sebelum bala bantuan lain datang. Para imigran itu sekarang ditampung di Aceh Utara, Aceh Timur, dan Langsa, dan kondisi mereka jauh lebih baik dari saat pertama ditemukan.

"Hari ini seluruh dunia melihat Rohingya selaku etnis terzalimi, mereka tidak diakui oleh negaranya dan diusir oleh negara-negara tujuan yang disinggahi. Dalam kesedihan itu masyarakat Aceh khususnya nelayan Aceh menunjukkan rasa empati di tengah gersangnya rasa kemanusiaan dunia," ujar Basri, sebagaimana dikutip dari laman okezone.

Dia merasa ironi kalau nelayan dilarang membantu para pengungsi Rohingya, karena itu sangat paradoks dengan niat tulus yang ditunjukkan para nelayan. AMAPR pun menginisiasi pemberian penghargaan kepada nelayan setelah melihat peran mereka yang cukup heroik dalam menyelamatkan manusia-manusia perahu. Aksi itu diharapkan bisa diikuti pemerintah.

Dedikasi kemanusian ditunjukkan para nelayan Aceh untuk menyelamatkan manusia Rohingya yang diambang maut, tanpa mengenal batas teritorial dinilai pantas diapresiasi. "Atas nama kemanusiaan kami berharap Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat memberikan penghargaan (kepada nelayan) sebagai pahlawan kemanusiaan," sebutnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Nelayan Aceh Pantas Dapat Penghargaan, Selamatkan Imigran Rohingya"

Post a Comment