Sering Terbakar, Ahok Sebut Bus Trans Jakarta Asal China Buruk - Suara Medan | Info Medan Terkini

Sering Terbakar, Ahok Sebut Bus Trans Jakarta Asal China Buruk

Sering Terbakar, Ahok Sebut Bus Trans Jakarta Asal China Buruk
SUARAMEDAN.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengakui beberapa armada bus Transjakarta memang berkualitas buruk. Kualitas buruk itu yang membuat bus terbakar.

Kejadian terakhir adalah terbakarnya bus Transjakarta di koridor 5 rute Kampung Melayu-Ancol. Ahok, sapaan Basuki, mengatakan, sebagian bus tersebut memang sudah tak layak lagi untuk digunakan sebagai moda transportasi umum warga ibu kota.

Karena itu sejak jauh-jauh hari Ahok berencana untuk mengganti seluruh armada bus secara bertahap mulai tahun ini. Beberapa bus baru akan mulai datang Juni mendatang.

"Kami akan beli bus baru terus," kata Ahok di Jakarta, Kamis (21/5).

Buruknya kualitas bus TransJakarta ini menurut Ahok karena ulah oknum pegawai di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2013. Padahal sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta saat itu, ia sudah meminta agar bus yang didatangkan produsen bus ternama.

"Tapi mereka (oknum di Pemprov DKI) mainkan. Makanya yg selalu menang bus yang jelek dari Tiongkok," kata Ahok.

Menurut Ahok, seharusnya bus Transjakarta menggunakan bus merek besar seperti Hino atau Daewoo. Namun dua pabrik bus tersebut selalu kalah saat ikut lelang pengadaan bus. Tahun ini sistem lelang sudah diperbaiki. Hasilnya pemenang pengadaan adalah Scania, pabrik bus asal Swedia.

Perusahaan ini mampu memproduksi 25 hingga 30 bus tiap bulannya untuk memasok kebutuhan Pemprov DKI Jakarta.

Sebuah Bus Transjakarta diketahui mengalami kebakaran pada Kamis pagi tadi. Kebakaran yang terjadi pada pukul 05.00 WIB tersebut dipicu oleh lengketnya rem yang berada di bagian roda bus.

Walaupun kondisi rem lengket, namun bus terkait tetap dipaksa beroperasi. Akhirnya, tidak beberapa lama setelah berjalan bus bernomor LRN35 itu pun terbakar dan segera berhenti beroperasi. 

Sumber : CnnIndonesia

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Sering Terbakar, Ahok Sebut Bus Trans Jakarta Asal China Buruk"

Post a Comment