Tahun Ini India Alami Gelombang Panas Terburuk - Suara Medan | Info Medan Terkini

Tahun Ini India Alami Gelombang Panas Terburuk

Tahun Ini India Alami Gelombang Panas Terburuk

SUARAMEDAN.com - Para dokter dan pejabat di India mengatakan tidak pernah menyaksikan gelombang panas seburuk yang sedang dihadapi negara itu selama hampir dua pekan ini. Jumlah korban jiwa saat ini sudah mendekati 1.500 orang sejak Senin 18 Mei lalu.

Seorang dokter di kawasan yang paling menderita akibat hawa panas ini, Andhra Pradesh, mengatakan ia tidak pernah melihat sebanyak ini korban yang dibawa ke rumah sakit dan dari banyak di antaranya sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Di beberapa tempat, suhu udara bisa sampai 48 derajat Celsius sebagaimana dimuat pada laman bbc.co.uk (28/5).

Tahun 2010 lalu, India juga menghadapi gelombang panas namun jumlah korban jiwa jauh lebih kecil dari bencana saat ini, yang diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir bulan.
Namun seorang pejabat senior di Andhra Pradesh mengatakan pada saat bersamaan ada harapan musim hujan akan tiba dalam waktu beberapa hari lagi.
Sebagian besar korban adalah manusia lanjut usia dan kaum miskin.

Pemerintah sudah menggelar kampanye agar orang tidak terkena langsung terik matahari dan minum air yang banyak. Sementara sejumlah lembaga sosial ikut membantu membagi-bagikan air dingin di beberapa tempat.

Akan tetapi banyak pekerja kasar yang mengatakan tidak punya pilihan untuk bisa berlindung di tempat sejuk karena kalau mereka tidak bekerja maka tidak akan bisa makan.

Gelombang panas ini terjadi di sebagian besar India termasuk daerah-daerah seperti Uttar Pradesh, Jharkhand, Orissa, Rajasthan dan ibu kota Delhi.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tahun Ini India Alami Gelombang Panas Terburuk"

Post a Comment