Gubsu Terima Penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo - Suara Medan | Info Medan Terkini

Gubsu Terima Penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo

Gubsu Terima Penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo

SUARAMEDAN.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho menerima penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik tingkat provinsi se-Indonesia. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) VI TPID di Jakarta, Rabu (27/5).

“Ini adalah kerja bersama TPID Sumatera Utara. Saya berterima kasih kepada  jajaran Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, Bank Indonesia, dan Bulog yang telah berkoordinasi baik dalam mengendalikan inflasi di Sumatera Utara,” kata Gatot.

Gatot berharap penghargaan yang diraih dapat menjadi pemicu dan pemacu penguatan pengendalian inflasi di setiap kabupaten/kota di Sumut guna mencapai stabilitas yang lebih baik bagi kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut Difi A. Djohansyah mengatakan TPID Sumut berhasil membangun Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang dilengkapi fitur early warning system kepada pemangku kepentingan ketika terjadi peningkatan harga.

“Pemprov Sumut juga mengupayakan peningkatan produksi pertanian, khususnya beras dan cabe merah, melalui penyediaan bantuan subsidi benih dan pupuk. Selain itu, Pemprov juga mengoptimalkan program Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) Padi dan pengembangan produksi cabe merah di Simalungun, Batubara, dan Tapanuli Selatan agar tidak terkonsentrasi di Karo,” ungkap Difi.

Diketahui, dalam menekan tingkat konsumsi beras, Pemprov Sumut menggalakkan Program Manggadong (makan ubi) dan One Day No Rice. Selain itu, berbagai program dilakukan TPID Sumut untuk mengatasi lonjakan harga di hari besar keagamaan, seperti operasi pasar, pasar murah, sidak pasar, talkshow TV dan radio untuk menjaga ekspektasi inflasi, dan beberapa upaya lainnya.

Berbagai upaya yang telah dilakukan TPID Sumut berhasil meredam laju inflasi tahun 2014 sebesar 8,17% (yoy) di bawah inflasi nasional sebesar 8,36% (yoy). Realisasi inflasi itu juga jauh lebih rendah dibandingkan inflasi tahun 2013 yang melesat tinggi sebesar 10,18% (yoy) di atas nasional. Selain itu, prestasi TPID Sumut juga dinilai dari program-program khusus yang berhasil secara efektif mengendalikan harga.

Predikat TPID Terbaik tingkat provinsi tahun 2015 merupakan prestasi Sumut ketiga kalinya setelah berhasil meraih penghargaan serupa di tahun 2011 dan 2012. Selain keberhasilan TPID Provinsi Sumatera Utara, TPID Kota Medan dan TPID Kota Tebingtinggi juga menyabet penghargaan kategori TPID Kota terbaik dan TPID Berprestasi untuk kedua kalinya.

Keterangan Foto: Dari kanan ke kiri - Walikota Medan Dzulmi Eldin, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, dan Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan usai menerima peghargaan TPID terbaik dari Presiden RI Joko Widodo di  Jakarta, Rabu (27/5). 

Sumber: Humas Pemprov Sumatera Utara

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Gubsu Terima Penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo"

Post a Comment