Turki Temukan Fakta Baru Tentang Siapa Dalang di Balik Kudeta - Suara Medan | Info Medan Terkini

Turki Temukan Fakta Baru Tentang Siapa Dalang di Balik Kudeta

Turki Temukan Fakta Baru Tentang Siapa Dalang di Balik Kudeta Suaramedan.com - ISTANBUL – Pasca gagalnya kudeta di Turki, Pememrintahan Turki menemukan fakta Baru tentang dalang kudeta di Turki pertengahan juli lalu. Setelah sebelumnya, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, langsung menuding ulama yang tinggal di Amerika Serikat (AS) Fethullah Gulen sebagai dalang di balik kudeta. Namun, setelah dilakukan investigasi lebih lanjut, Pemerintah Turki mulai menemukan faktabaru bahwa Amerikalah dalang Kudeta di Turki.

Dalang utama kudeta militer bukanlah Gulen, tapi badan keamanan AS merupakan perencana utama aksi kudeta. Pandangan tersebut diperkuat dengan pernyataan dari seorang jaksa Turki yang mengklaim CIA dan FBI telah memberikan pelatihan kepada para pengikut Fethullah Gulen.




Hasil penyelidikan jaksa itu tertuang dalam dokumen dakwaan yang disiapkan oleh kantor Jaksa Penuntut Umum Edirne dan akan diserahkan kepada Second Heavy Penal Court.



Dokumen itu selain berisi alasan hukuman berat kepada 43 tersangka anggota komplotan kudeta, juga menyebutkan anggota Teroris Organisasi Fethullah (FETO) telah dilatih oleh Badan Intelijen Pusat (CIA) dan Federal Bureau of Investigation (FBI) AS.


"CIA dan FBI memberikan pelatihan dalam sejumlah mata pelajaran kepada para kader yang tumbuh di pusat-pusat kebudayaan milik gerakan Gulen. Kudeta militer  merupakan upaya yang bertujuan untuk melemahkan semua lembaga negara dengan menyingkirkan pemerintah sepenuhnya," tulis dokumen tersebut, sebagaimana dilansir Sputnik, Senin (2/8/2016).  
 
Tudingan kepada CIA dan FBI ini akan membuat hubungan antara Washington dan Ankara semakin memanas. Ini disebabkan permintaan ekstradisi Gulen kepada AS sempat menimbulkan gejolak. Bahkan, Sekretaris Negara John Kerry meminta Turki memberikan bukti keterlibatan Gulen terlebih dahulu sebelum AS mengabulkan permohonan ekstradisi.



sumber : okezone

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Turki Temukan Fakta Baru Tentang Siapa Dalang di Balik Kudeta "

Post a Comment