6 Hal Yang Mesti Dilakukan Bila Wajah Anda Berjerawat - Suara Medan | Info Medan Terkini

6 Hal Yang Mesti Dilakukan Bila Wajah Anda Berjerawat


6 Hal Yang Mesti Dilakukan Bila Wajah Anda BerjerawatSUARAMEDAN.com - Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. 


Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya."

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.Jerawat yang muncul tiba-tiba di waktu yang tidak tepat, seringkali membuat kepanikan pada diri sendiri.

Untuk itu, perlu diperhatikan beberapa hal, agar jerawat tidak semakin mengiritasi kulit wajah.
Banyaknya cara untuk membasmi jerawat, belum tentu bisa Anda lakukan, karena belum terbukti keampuhannya. Berikut ini, enam hal mudah, yang harus dihindari agar kulit berjerawat tidak semakin teriritasi, seperti dikutip dari Glamour.

1. Jangan menyentuh wajah
Sudah sering disarankan, namun hal ini masih sulit untuk dilakukan. Untuk itu, Direktur Cosmetic and Clinival Research, Josh Zeichner, M.D., menyarankan untuk tidak menyentuh wajah, guna menghindari trauma di kulit yang bisa memicu peradangan.

2. Hindari membuat kulit terlalu kering
Bukan penggunaan bahan kimia yang menyebabkan kulit menjadi kering dan akhirnya iritasi, namun jumlah dari pemakaian tersebut yang harus diperhatikan. Ahli dermatologis, Neal Schultz, M.D., menyarankan penggunaan skincare dalam jumlah yang wajar dan kandungan dengan konsentrasi lebih rendah agar tidak membuat kulit iritasi dan memerah.

3. Hindari toner
Toner mengandung bahan yang cukup membuat kulit meradang dan iritasi, kecuali jika kulit sangat berminyak. Untuk itu, hindari terlebih dahulu pemakaiannya hingga jerawat benar-benar hilang.

4. Hindari makanan laut
Udang dan kerang memiliki kandungan yodium cukup tinggi, yang bisa membuat kondisi kulit sensitif dan rentan, sehingga disarankan menghindari makanan tersebut hingga jerawat mereda.

5. Batasi makanan pemicu jerawat
Seringkali, keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu, seperti cokelat, yang mengandung susu atau makanan cepat saji bisa memicu munculnya jerawat. Memang sulit, namun keinginan tersebut harus ditahan sampai jerawat menghilang dari kulit wajah.

6. Hindari pembersih kadar tinggi
Menggunakan pencuci wajah kadang dapat membuat kulit semakin teriritasi akibat kandungannya yang begitu keras. Untuk itu, pemakaian yang rutin diperbolehkan asal kandungan dari pembersih tersebut tidak membuat kulit iritasi. (asp)

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "6 Hal Yang Mesti Dilakukan Bila Wajah Anda Berjerawat"

Post a Comment