Ketua Dewan Pers Angkat Bicara Soal Kekerasan Yang Dilakukan TNI AU Kepada Para Jurnalis - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ketua Dewan Pers Angkat Bicara Soal Kekerasan Yang Dilakukan TNI AU Kepada Para Jurnalis

SUARAMEDAN.com,- Tindakan kekerasan yang dilakukan prajurit TNI AU terhadap beberapa jurnalis saat melakukan peliputan bentrok di Sari Rejo tengah kini kasusnya ditangani Polisi Militer (POM) TNI AU Lanud Soewondo.

Ad (25) wartawati media online yang turut menjadi korban pelecehan dan kekerasan itu melaporkan kejadian yang dialaminya ke POM AU, Kamis (25/8/2016).

Korban membuat laporan dengan didampingi Tim Advokasi Pers Sumut. Namun, saat melakukan pemeriksaan, diduga penyidik POM AU berusaha menghilangkan pasal yang dilaporkan. Menyikapi hal ini Dewan Pers angkat bicara. Mereka berencana akan melaporkan kasus ini ke Panglima TNI.

“Kalau ada upaya penghilangan pasal, itu alasannya apa? Kenapa bisa demikian? Jika oknum penyidik di tingkat lokal mencoba bermain-main dalam melakukan penyelidikan, silakan saja. Dalam waktu dekat, kami dari Dewan Pers di Jakarta akan melaporkan semua informasi ini ke Panglima TNI,” kata Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, Kamis malam (25/8/2016), seperti dikutip dari tribun-medan.com

Menurut Stanley, panggilan akrabnya, penyidik POM TNI AU harusnya bersikap netral. Setiap laporan korban penganiayaan semestinya ditangani secara profesional.

“Kemarin Tim Satgas Anti Kekerasan Terhadap Wartawan dari Dewan Pers sudah turun ke Medan. Kami tengah menunggu laporan tim, untuk selanjutnya disampaikan kepada Panglima TNI bagaimana kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan,” ungkap Stanley.

Jika oknum penyidik berusaha menghilangkan pasal dalam laporan korban, Komandan Satuan Polisi Militer diingatkan segera mengingatkan anggotanya.

“Silahkan berdalih, tapi jangan coba-coba menghilangkan pasal yang diadukan. Kami juga akan sampaikan ke Panglima TNI dan bidang pengawasan untuk benar-benar memantau kasus ini. Profesi jurnalis ini dihormati. Jurnalis bekerja dilindungi hukum. Kasus yang dialami jurnalis juga bukan main-main,” jelas Stanley.

Ia meminta semua jurnalis yang bertugas di Medan untuk tetap semangat menjalankan tugas. Dirinya juga meminta semua jurnalis bersatu dan jangan takut selama menjalankan tugas secara benar.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ketua Dewan Pers Angkat Bicara Soal Kekerasan Yang Dilakukan TNI AU Kepada Para Jurnalis"

Post a Comment