Alami Pelepuhan Kulit, Jamaah Haji Diminta Waspada Terhadap Cuaca Panas Di Tanah Suci - Suara Medan | Info Medan Terkini

Alami Pelepuhan Kulit, Jamaah Haji Diminta Waspada Terhadap Cuaca Panas Di Tanah Suci

SUARAMEDAN.com - Jemaah calon haji (calhaj) Embarkasi Medan yang telah sampai ke tanah suci Makkah, banyak yang mengeluhkan kakinya melepuh lantaran panas.

Wakil Ketua Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Aulianto menuturkan, laporan terkait melepuhnya kaki datang dari hampir setiap kloter yang sudah berangkat. Kondisi ini terjadi lantaran suhu udara yang cukup panas, mencapai 42 derajat celcius. Akibat kaki yang melepuh, ada beberapa calhaj yang sampai harus dirujuk ke rumah sakit.

"Kami diminta lakukan promosi kesehatan kepada setiap calhaj yang akan berangkat dari sini (Embarkasi Medan)," ujarnya di Asrama Haji Embarkasi Medan, Rabu (24/8/2016). Kepada jemaah calhaj yang akan berangkat, diminta untuk mempersiapkan alas kaki serta payung dan penutup tubuh lain, agar bisa meminimalkan paparan panas matahari.

Sementara itu, dari 5.058 jamaah calhaj yang masuk Asrama Haji Embarkasi Medan, sudah 18 orang yang dirujuk ke RS Haji Medan, 14 rawat inap dan 4 orang melakukan konsultasi di poliklinik. Dari Kloter 13 Embarkasi Medan yang masuk Asrama Haji, Rabu (23/8) jam 08.00 Wib, ada tiga jamaah yang harus di rujuk ke RS Haji Medan karena sakit. Yakni Ahmad Sujari, manifes 126 karena anemia gravis, Muhammad Muid, manifes 225, karena anemia, dan Anwar Pohan, manifes 77 lantaran lemah jantung. "Sementara, Nurhayati Amat Imam, asal Medan, yang tertunda keberangkatan bersama Kloter 12 karena sakit, sudah bisa diberangkatkan bersama Kloter 13," jelas Aulianto.

Nurhayati saat ini telah dilakukan transfusi darah dan sudah berangsur baik. Dan rencananya malam ini akan pulang ke Asrama Haji Embarkasi Medan, sehingga diusahakan bisa berangkat bersama kloter 13, Kamis (25/8) jam 01.45 Wib, dini hari.

Dijelaskan Aulianto, dari 4.668 jemaah calon haji yang telah berangkat ke tanah suci, mulai dari kloter 1 hingga kloter 12, ada sekitar 65 persen merupakan jemaah risiko tinggi (risti). Kondisi ini, tuturnya, tidak berbeda jauh dengan tahun lalu. Penyakit yang mendominasi juga sama, penyakit-penyakit kronis seperti hypertensi, diabetes mellitus dan jantung," terangnya.

Menanggapi keluhan jemaah haji Kloter 12 yang komplain tentang makanan yang tidak didapatkan dari katering Asrama Haji Medan, Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Bahrum Saleh mengungkapkan, PPIH sudah memanggil katering makanan haji, CV Cahaya Mata dan mereka mengungkapkan sudah menyediakan makanan sesuai dengan perjanjian. (sl/sm)

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Alami Pelepuhan Kulit, Jamaah Haji Diminta Waspada Terhadap Cuaca Panas Di Tanah Suci"

Post a Comment