Fahri Hamzah : Indonesia Seharusnya Punya Nilai Tawar yang Tinggi - Suara Medan | Info Medan Terkini

Fahri Hamzah : Indonesia Seharusnya Punya Nilai Tawar yang Tinggi

Fahri Hamzah : Indonesia Seharusnya Punya Nilai Tawar yang Tinggi
SUARAMEDAN.com JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyoroti praktek pelaksanaan haji di Indonesia yang tiap tahun kerap memiliki permasalahan.

Mulai dari antre yang cukup panjang hingga puluhan tahun, hingga pemalsuan dokumen oleh pihak tidak bertanggung jawab.

"Indonesia yang ingin berangkat haji cukup banyak, tapi kuota yang ada selalu tidak mencukupi. Akibatnya terjadi antrian yang cukup panjang," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Menurut Fahri, Indonesia yang merupakan konsumen terbesar dalam pelaksanaan ibadah haji, seharusnya bisa mendapatkan kuota yang lebih besar untuk masyarakat yang hendak ke tanah suci.

Dikatakannya, pemerintah harus mengendalikan pasar karena merupakan negara yang kebutuhan haji-nya paling besar di dunia.

"Kita sebagai konsumen besar haji, masa nggak punya bargain? Harusnya sebagai pasar yang besar, kita bisa memegang pasar," tuturnya.

Fahri menyarankan, agar pemerintah bisa mengkomunikasikan kepada Saudi atau negara-negara yang kuota hajinya tidak terpakai agar bisa digunakan oleh masyarakat kita.

Hal itu dapat dilakukan sebagai upaya mengurangi antrian para calon jemaah haji yang hingga puluhan tahun lamanya.

"Daripada negara yang tidak dipakai (kuota hajinya) bisa dikasih ke kita, daripada mereka kosong. Kita ada yang puluhan tahun mengantri, harusnys pemerintah lakukan lobi dengan pihak Saudi. Harusnya dilakukan pembicaraan formil," ujarnya.


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Fahri Hamzah : Indonesia Seharusnya Punya Nilai Tawar yang Tinggi"

Post a Comment