Hasil Survey : Elektabilitas Ahok Semakin Turun - Suara Medan | Info Medan Terkini

Hasil Survey : Elektabilitas Ahok Semakin Turun

Hasil Survey : Elektabilitas Ahok Semakin TurunSUARAMEDAN.com -Jakarta - Hasil survei terbaru lembaga penelitian dan konsultan Manilka menunjukkan sebagian masyarakat menilai Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak konsisten.

“Sebab, Ahok memutuskan memilih jalur partai politik dibanding perseorangan untuk maju dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017,” kata Direktur Lembaga Penelitian dan Konsultan Manilka Herzaky Mahendra Putra hari ini, Ahad, 21 Agustus 2016.

Menurut dia, sebanyak 47,7 persen responden menilai Ahok tidak konsisten. Bukan cuma itu. Kekecewaan responden terhadap keputusan Ahok maju pilkada lewat jalur partai politik semakin diperkuat dari hasil simulasi pemilihan paket kandidat.

Survei Manilka mensimulasikan pasangan Ahok-Djarot Saiful Hidayat melawan Sandiaga Uno-Tri Rismaharini seimbang dengan persentase 20,9. Sedangkan responden yang menyatakan masih ragu sebesar 45,2 persen, sementara 13 persen memilih tidak menjawab.

Penilaian publik itu yang membuat elektabilitas Ahok menurun meski popularitasnya masih tetap berada di puncak. Survei yang dilakukan pada 6-11 Agustus 2016 itu menghasilkan temuan tingkat elektabilitas Ahok menurun menjadi 43,6 persen, padahal pada survei Juni lalu 49,3 persen. Tingkat kesukaan masyarakat kepada Ahok pun berkurang, dari semula 62,5 persen menjadi 56,1 persen.

Di sisi lain, popularitas Ahok masih berada di puncak dibandingkan tokoh-tokoh lain, yakni 98,9 persen. “Mayoritas responden mengaku kenal dengan Ahok,” ujar Herzaky.

Survei tersebut dilakukan terhadap 440 responden yang dipilih secara acak di enam wilayah, yaitu Jakarta Utara, Selatan, Barat, Timur, Pusat, dan Kepulauan Seribu. Survei ini memiliki margin error 4,7 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.


sumber : kompas

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Hasil Survey : Elektabilitas Ahok Semakin Turun"

Post a Comment