Bahhhh.....!, Usulan Remisi Koruptor Datang Setiap Pekan Ke KPK - Suara Medan | Info Medan Terkini

Bahhhh.....!, Usulan Remisi Koruptor Datang Setiap Pekan Ke KPK

SUARAMEDAN.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak rencana pemerintah mempermudah prosedur pemotongan hukuman bagi terpidana korupsi, yang tahun lalu sudah ditolak. Wakil Ketua KPK, Laode Syarief, menyatakan sekarangpun usulan remisi koruptor datang hampir setiap pekan.

Dalam Rancangan Peraturan Pemerintah rumusan Kementerian Hukum dan HAM, para terpidana kasus korupsi, narkoba dan terorisme akan lebih mudah mendapatkan pengurangan hukuman.

Semula, pengurangan hukuman ketiga pidana yang digolongkan Indonsia sebagai kejahatan berat itu hanya bisa mengajukan pengurangan hukuman dengan beberapa syarat.

Pertama menjadi justice collaborator atau orang yang membantu aparat membongkar kejahatan terkait atau sejenis. Kedua harus mendapatkan persetujuan instansi terkait, seperti KPK dan beberapa syarat berat lainnya.

Namun, jika rancangan peraturan baru ini disetujui, koruptor, bandar narkoba dan teroris bisa dengan mudah mendapatkan remisi."KPK akan menolak," kata Wakil Ketua KPK, Laode Syarief kepada BBC Indonesia.

Laode menuturkan bahwa sekarangpun upaya memberi remisi bagi koruptor yang tak berhak sudah sering diajukan Kementerian Hukum dan HAM.

"Bahkan sekarang hampir setiap pekan, Kemenkum HAM mengirim surat pada KPK meminta agar (narapidana) diberikan (status) justice collaborator, agar bisa mendapatkan remisi. (Padahal) mereka tidak dalam status justice collaborator," kata Laode Syarief."Ya jelas selalu kami tolak."

Laoda Syarief menambahkan remisi sudah lama dicurigai diperdagangkan oleh pejabat tertentu dengan para narapidana.

Setiap tahunnya para narapidana berhak mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman, menandai peringatan 17 Agustus, lebaran, Natal, dan hari raya agama lain.

Tetapi melalui PP 99 tahun 2012, para narapidana narkotika, korupsi dan terorisme, dikecualikan dan mendapat syarat tambahan, antara lain membantu membongkar kejahatan terkait atau sejenis.

sumber : bbc

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Bahhhh.....!, Usulan Remisi Koruptor Datang Setiap Pekan Ke KPK"

Post a Comment