Pesawat Tenaga Surya Solar Impulse Terpaksa Mendarat di Jepang - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pesawat Tenaga Surya Solar Impulse Terpaksa Mendarat di Jepang

Pesawat Tenaga Surya Solar Impulse Terpaksa Mendarat di Jepang 

SUARAMEDAN.com - Hanya sehari setelah lepas landas dari Nanjing, Tiongkok, pesawat tenaga surya Solar Impulse 2 terpaksa mendarat darurat di Nagoya, Jepang. Pendaratan ini terpaksa dilakukan setelah ada kondisi cuaca buruk di jalur penerbangannya di Samudera Pasifik.

Rencananya memang Solar Impulse 2 akan mengangkasa kurang lebih enam hari menuju Hawaii, Amerika Serikat. Namun pilot Andre Borschberg terpaksa harus turun di wilayah Jepang tersebut.

"Kemarin kami memiliki kemungkinan untuk menyeberangi Hawaii pada hari kelima dengan cuaca yang bagus. Namun dengan perkiraan kita sekarang, kita tidak melihat kemungkinan itu yang berarti perjalanan ke Hawaii diblokir," kata tim Solar Impulse dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari AFP.

Sementara itu menurut BBC, Solar Impulse 2 sudah berhasil terbang selama 36 jam. Namun Piccard yang mengawasi dari menara pengawas di Monako mengatakan bahwa memang kondisi cuaca semakin buruk.

"Kami menempatkan keamanan di atas semua prioritas. Kami semua sangat bahagia dengan pesawatnya, tapi sayang cuacanya tidak mendukung," ujarnya. "Kami mendarat di Nagoya dan kami menunggu kondisi yang lebih baik untuk melanjutkan penerbangan."

Solar Impulse 2 lepas landas dari Abu Dhabi pada 9 Maret lalu dan sukses terbang menuju Oman, India, dan Myanmar. Tiongkok adalah tujuan keempat setelah Myanmar dan sesuai rencana, pesawat ini akhirnya terbang menuju Hawaii.

Selama penerbangan, Borschberg yang mengendalikan pesawat tenaga surya seorang diri itu setiap hari akan berada di ketinggian 28 ribu kaki dan merasakan perubahan suhu sekitar 55 derajat Celsius.

Pesawat ini mendapat energi dari 17 ribu sel surya yang dipasangkan di bodi pesawat, sayap, dan ekor. Walau mengandalkan tenaga surya, Solar Impulse tetap bisa terbang pada malam hari berkat daya yang tersimpan di dalam baterai seberat 633 kilogram.

Sayapnya seukuran pesawat Boeing 747, tapi kecepatan terbang Solar Impulse 2 sama dengan mobil di darat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pesawat Tenaga Surya Solar Impulse Terpaksa Mendarat di Jepang"

Post a Comment