Wapres JK : "Pejabat yang Mundur Belum Selesai Masa Jabatan, Tidak Amanah" - Suara Medan | Info Medan Terkini

Wapres JK : "Pejabat yang Mundur Belum Selesai Masa Jabatan, Tidak Amanah"

SUARAMEDAN.com - Menjelang Pilkada serentak Desember mendatang suasana Politik di Indonesia semakin panas.Sejumlah Kepala Daerah mengatakan siap mundur dari jabatannya agar anggota  keluargannya bisa bertarung pada PIlkada Desember mendatang.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku geram dengan pernyataan sejumlah kepala daerah yang menyatakan siap mundur demi keluarga atau kepada mereka yang masih mempunyai hubungan darah untuk maju dalam Pilkada Serentak Desember mendatang.

Wapres menegaskan setiap pemimpin daerah harus menepati janji untuk menjabat selama lima tahun, seperti apa yang telah diucapkan saat pengambilan sumpah jabatan. "Harus memenuhi amanahnya. karena dia kan minta amanah dan rakyat kasih amanah. Jangan potong di tengah, ini kan amanah," kata JK, di Kantor Wakil Presiden, Jumat (19/6/2015).

Apakah JK sedang menyindir Presiden Jokowi? kritikan JK ini menyedot perhatian dari berbagai pihak, apakah sudah terjadi keretakan antara kedua pemimipin tersebut.  

Hingga saat ini, Wali Kota Pekalongan Basyir Ahmad, Bupati Ogan Ilir Mawardi Yahya dan Wakil Wali Kota Sibolga Marudut Situmorang menyatakan siap mundur demi memuluskan anggota keluarganya menggantikan mereka.

Seperti diketahui, Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, Pasal 1 angka 6, calon kepala daerah dilarang mempunyai konflik kepentingan dengan petahana atau incumbent.

Calon gubernur, bupati dan wali kota tidak boleh memiliki ikatan perkawinan, hubungan darah dan garis keturunan dengan petahana baik ayah, ibu, anak, kakak, adik, mertua, paman, ipar atau pun menantu dari para petahana. Jika memang mempunyai hubungan darah atau kerabat, seharusnya petahana tersebut tidak lagi menjabat sebagai kepala daerah setelah satu periode.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

3 Responses to "Wapres JK : "Pejabat yang Mundur Belum Selesai Masa Jabatan, Tidak Amanah""

  1. Nyindir presiden mu, atau lupa pak

    ReplyDelete
  2. lhaaa..... bgm dg Jokowi yg mundur seblm waktunya dari kursi DKI 1.....?

    ReplyDelete
  3. kapan ya?negaraku dipimpin yg muda biar teliti,takpikun dan tidak asbun(asalbunyi )

    ReplyDelete