Mau Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Ini Tipsnya ! - Suara Medan | Info Medan Terkini

Mau Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Ini Tipsnya !

Mau Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Ini Tipsnya !
SUARAMEDAN.com - Sekalipun berpuasa, Anda tentu tak ingin punya aroma mulut yang tak sedap. Dan seperti diketahui, bau mulut adalah masalah utama yang dihadapi banyak orang saat puasa.

Dalam istilah kesehatan, bau mulut disebut sebagai helitosis. "Bau mulut bisa dihindari dengan menyikat gigi dan berkumur," kata Melanie S, Djamil, profesor sekaligus dokter gigi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ketika sedang berpuasa, tentunya kedua hal ini tidak bisa sering-sering dilakukan. Saat sedang puasa, Mel menyarankan untuk sikat gigi setelah makan sahur. Setelahnya berkumurlah sekali setelah 'ritual' sikat gigi selesai.

Berkumur berfungsi untuk membuang semua sisa makanan atau sisa pasta gigi yang masih menempel di gigi. Sisa-sisa ini akan 'membusuk' dan mengundang bakteri untuk 'berpesta di dalam mulut.

"Di dalam saliva (air liur) ada komponen organik dan anorganik. Keduanya merupakan pembentuk fosfor sehingga jika terurai akan membentuk asam amino penyebab bau mulut."

Selain bau mulut, sisa pesta kuman ini juga akan menyebabkan kemungkinan timbulnya gigi berlubang dan masalah gigi lainnya.

Berkumur akan membantu mencegah bau mulut. Saat puasa, kumurnya saat wudhu. Berkumur saat wudhu pun juga ada manfaat menghilangkan bau mulut juga," katanya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mau Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Ini Tipsnya !"

Post a Comment