China Bantai 28 Muslim Uighur Yang Protes Tidak Boleh Berpuasa Ramadhan - Suara Medan | Info Medan Terkini

China Bantai 28 Muslim Uighur Yang Protes Tidak Boleh Berpuasa Ramadhan

China Bantai 28 Muslim Uighur Yang Protes Tidak Boleh Berpuasa Ramadhan
SUARAMEDAN.com - Polisi Xinjiang menyerang warga Muslim Uighur dengan sangat brutal di selatan Kota Kashgar, Rabu (24/6). Serangan ini dilakukan dengan dalih balas dendam atas klaim serangan bom di pos pemeriksaan. Tersangka diklaim membunuh sejumlah polisi dengan pisau dan bom di pos pemeriksaan. Polisi menewaskan setidaknya 15 Muslim Uighur. Balas dendam ini dilakukan pada awal bulan suci Ramadhan.

Seperti diketahui, kekerasan terhadap Muslim Uighur terus terjadi selama beberapa tahun terakhir. Insiden ini sering diberitakan sejumlah media. Namun, Pemerintah Cina tak pernah merespons insiden ini. Kelompok Muslim Uighur dan Aktivis HAM mengatakan, kerusuhan di Xinjiang ini dipicu karena pembatasan terlalu ketat terhadap ibadah umat Islam di sana.

Mengutip ibtimes, jumlah korban tewas serangan polisi Xinjiang dapat mencapai lebih dari 28 orang termasuk pejalan kaki. Serangan ini sebagai protes pembatasan aktivitas agama Muslim Uighur di Cina yang berlangsung sejak lama. Pembatasan paling baru adalah larangan bagi umat Muslim untuk berpuasa Ramadhan.

Pemerintah Cina memberikan pemberitahuan resmi bahwa anggota partai, PNS, siswa, dan guru dilarang berpuasa. Larangan ini berlaku sejak tahun lalu. Mereka juga memerintahkan restoran halal tetap buka pada siang hari. Juru Bicara Muslim Uighur, Dilxat Raxit, mengatakan perintah ini merupakan bentuk politisasi pemerintah.

Dilansir dari TheGuardian, Presiden Xi Jinping menilai agama yang ada di Cina tidak boleh dipengaruhi asing. Seluruh warga dan agama mana pun harus berjanji hanya setia untuk negara.
Cina dengan mayoritas ateis berusaha mengendalikan berbagai agama dan penyebarannya. “Kita harus mengelola urusan agama sesuai dengan keinginan kami. Agama harus tunduk pada kepentingan kami,” ujar Xi Jinping. Inilah presiden Cina yang digandeng Jokowi dengan mesra dan akan memasukkan puluhan juta warga komunisnya ke Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "China Bantai 28 Muslim Uighur Yang Protes Tidak Boleh Berpuasa Ramadhan"

Post a Comment