PKS dan Gerindra Siapkan Tifatul dan Ikhwan Ritonga atau Gus Irawan dan Ikrimah Hamidy - Suara Medan | Info Medan Terkini

PKS dan Gerindra Siapkan Tifatul dan Ikhwan Ritonga atau Gus Irawan dan Ikrimah Hamidy

PKS dan Gerindra Siapkan Tifatul dan Ikhwan Ritonga atau Gus Irawan dan Ikrimah Hamidy
SUARAMEDAN.com - Meskipun saat ini memasuki bulan suci Ramadhan, tidak membuat komunikasi politik antara kedua partai politik ini surut. Sebab KPU Kota Medan beberapa waktu lalu telah meluncurkan maskot Pilkada Medan dengan mengangkat tema menara PDAM Tirtanari sebagai icon. Secara tidak langsung telah dibukanya pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Priode 2015-2020.

Berdasarkan hasil bincang-bincang di gedung DPRD Medan antara Fraksi PKS, Fraksi Gerindra dan Wartawan beberapa waktu lalu, dari penjaringan yang dilakukan Partai Keadilan Sejahtera Kota Medan, dari tujuh nama yang masuk dalam bursa pencalonan, kini sudah mengerucut pada satu nama yang akan di usung pada kontes Pilkada Medan 9 Desember mendatang.

Jika diinstruksikan oleh partainya tentulah Gus Irawan dengan terpaksa akan menolak jika bukan menjadi calon walikota. Hal yang sama akan dilakukan oleh Tifatul Sembiring. Kita pun ingat bahwa perolehan kursi di DPRD Kota Medan berbeda untuk kedua partai: Gerindra unggul.

Kita tahu sendiri, keduanya tak hanya sama-sama sedang duduk di DPR-RI. Tetapi tak mungkin tak dirasakan bahwa elektibilitas mereka berbeda. Meski sebagai mantan Menteri, Tifatul Sembiring masih kalah dibanding Gus Irawan yang pernah menjadi pejabat daerah dan calon Gubernur Sumut.

Lagi pula, momentum yang dinanti oleh Gus Irawan adalah pilgubsu mendatang. Banyak orang bertanya, mengapa mantan Menteri (Tifatul Sembiring) mau menjadi calon Walikota? Ini tidak aneh bagi PKS yang selalu “siap berkuasa”. Mantan Menhut RI kader PKS sudah pernah menjadi Walikota dan kini masih menjabat untuk kedua kalinya. Hidayat Nurwahid yang bahkan mantan Ketua MPR-RI juga dimajukan di DKI meski tidak berhasil.

Kompromi yang paling baik bagi PKS dan Gerindra nanti adalah (a) Tifatul Sembiring akan menjadi calon Walikota didampingi oleh seorang kader Gerindra, katakanlah Iwan Ritonga. Jika ada nama lain dari Gerindra yang berasal dari etnis Jawa, tentu ketokohannya tidak akan jauh di bawah kelas Iwan Ritonga. (b) Gus Irawan menjadi calon Walikota didampingi oleh seorang kader PKS, katakanlah Ikrimah Hamidy. Surianda Lubis akan membayangi, yang artinya paling tidak selain Tifatul Sembiring ada dua nama yang cocok dari PKS untuk tarung 2015 kota Medan ini.

Bagaimana elektibilitas pasangan ini? Cukup baik tentunya. Tetapi akan ada kepincangan besar dalam gerak mesin dan pendukung kedua partai. Alternatif mana pun yang dipilih, PKS akan selalu all out dan menganggap ini tak hanya sekadar perebutan kursi walikota, melainkan al-imtihan (ujian) yang substantif yang harus dihadapi se-serius-seriusnya. Sedangkan bagi mesin dan pendukung Gerindra, alternatif mana pun yang dipilih tidak akan mampu dimobilisasi all out. Banyak faktor yang perlu dielaborasi untuk ini, antara lain perbedaan semangat kecalegan dengan semangat perpilkadaan yang rewardnya berbeda untuk pribadi-pribadi.

Jika nanti ternyata Gus Irawan dan Tifatul Sembiring tidak ada dalam peta persaingan Pilkada Kota Medan 2015, maka dari Gerindra dan PKS hanya ada figur-figur yang cocok untuk wakil, di antaranya ialah Iwan Ritonga, Ikrimah Hamidy dan Surianda Lubis.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "PKS dan Gerindra Siapkan Tifatul dan Ikhwan Ritonga atau Gus Irawan dan Ikrimah Hamidy"

Post a Comment