Milisi PKK Ledakan Bom Di Turki - Suara Medan | Info Medan Terkini

Milisi PKK Ledakan Bom Di Turki


Milisi PKK Ledakan Bom Di TurkiSUARAMEDAN.com - Ankara - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh Partai Pekerja Kurdistan (PKK) ambil bagian dari rencana kudeta yang dilaksanakan pada 15 juli lalu.


Diberitakan oleh Reuters, Jumat (19/8/2016), Erdogan menghubungkan PKK dengan kejadian pada tanggal 15 Juli lalu dan 'merumahkan' sekitar ribuan orang. Erdogan menyalahkan pimpinan spritual Fethullah Gulen yang berada di Pennsylvania sejak tahun 1999.

Ucapan yang dilontarkan oleh Erdogan ini terkait adanya serangan bos yang menewaskan 30 orang yang kebanyakan terdiri dari polisi dan tentara. Gerilyawan PKK Kurdi disebut berada di balik serangan bom itu.

"Anda tidak perlu menjadi seorang peramal untuk melihat bahwa Feto berada di belakang serangan PKK terbaru," kata Erdogan. Feto adalah istilah Ankara untuk jaringan Gulen.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas serangan ini. Perdana Menteri Binali Yildirim juga mengatakan bahwa serangan ini terkait milisi PKK yang terdaftar sebagai kelompok teroris di Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Pihak Gedung Putih mengutuk serangan bom ini. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Ned menyebut kedua negara akan terus bekerja sama untuk memerangi kelompok teroris.

Sekitar 120 orang luka-luka dalam serangan bom itu. Insiden ini terjadi hanya beberapa jam setelah serangan bom mobil serupa, juga di wilayah Turki timur. Kantor berita Turki, Dogan melaporkan, kelompok militan Kurdi terlarang, Kurdistan Workers Party (PKK) mendalangi serangan itu. Media tersebut mengutip pernyataan Menteri Pertahanan Fikri Isik. Kelompok PKK tersebut telah kerap melakukan serangan-serangan terhadap kantor-kantor polisi di Turki beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya pada Rabu, 17 Agustus waktu setempat, tiga orang tewas dan 40 orang lainnya luka-luka ketika sebuah bom mobil meledak di dekat kantor polisi di provinsi Van, Turki timur, dekat perbatasan Ira.

sumber : Republika

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Milisi PKK Ledakan Bom Di Turki"

Post a Comment