Kudeta Erdogan Diluar Rantai Komando - Suara Medan | Info Medan Terkini

Kudeta Erdogan Diluar Rantai Komando

SUARAMEDAN.com - Sebuah kelompok dalam militer Turki telah mengambil tindakan ilegal di luar rantai komando dalam upaya kudeta, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Sabtu (16/7) pagi.

"Saya mengimbau bangsa kita. Pergi ke jalan-jalan, mari kita memberi mereka jawaban terbaik," kata Erdogan pada pesan video dari ponsel yang disiarkan pada koneksi ponsel dari apa yang tampaknya menjadi kediaman pribadi. "Saya tidak percaya upaya kudeta ini akan berhasil. Tidak ada kudeta-plotter dalam sejarah yang pernah berhasil," katanya.

Rakyat Turki tampaknya telah merespon seruan Erdigan dengan turun ke jalan-jalan di seluruh negeri.

Komandan First Army (Angkatan Darat Pertama) Umit Dundar mengatakan bahwa komplotan-kudeta mewakili minoritas kecil di Angkatan Darat Pertama. "Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan tentara yang belum bergabung dengan mereka dan masih bertindak dalam rantai komando."

Erdogan mengatakan belum ada upaya melawan dia, sementara kantor kepresidenan Turki mengatakan presiden berada di lokasi yang aman.

Erdogan mengidentifikasi kelompok kudeta ini sebagai FETO/organisasi teroris PDY, yang tiga tahun lalu melakukan kudeta yang gagal atas pemerintah.

"Ini merupakan pemberontakan terhadap demokrasi dan kehendak nasional," kata Perdana Menteri Binali Yildirim di TV Jumat (15/7). "Kami tidak akan membiarkan hal itu. Tidak akan pernah ada kompromi demokrasi. Para pelaku akan membayar harga terberat."

Perdana Menteri Yildirim mengatakan "beberapa bangunan kunci" di ibukota berada di bawah blokade.

Laporan menunjukkan Kepala Staf Umum TNI Turki, Hulusi Akar, telah disandera yang kabarnya pemberontak telah mengambil kontrol dari negara-menjalankan stasiun penyiar, memaksa seorang
penyiar untuk membaca pernyataan yang mengatakan militer telah merebut kekuasaan. Presiden Erdogan mengatakan pernyataan itu tidak valid.

Anadolu Agency telah mempelajari bahwa setelah lembaga komunikasi satelit Turksat memotong umpan udara hidup berikut pernyataan paksa, kudeta-pemimpin dilakukan serangan udara di stasiun tanah badan di Golbasi, 20 kilometer (12 mil) di luar ibukota Ankara.

"Kami akan segera mengetahui siapa mereka dan tujuan mereka dan akan melakukan apa yang dibutuhkan (untuk menghadapi pemberontak). Bangsa kita harus tetap tenang. Kami tidak akan pernah mentolerir kegiatan ilegal seperti yang mengganggu demokrasi," menurut Yildirim.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kudeta Erdogan Diluar Rantai Komando"

Post a Comment