Masalah Pasar Aksara, Pemko Medan Harus Te­gas dan Jelas - Suara Medan | Info Medan Terkini

Masalah Pasar Aksara, Pemko Medan Harus Te­gas dan Jelas

Masalah Pasar Aksara, Pemko Medan Harus Te­gas dan Jelas
SUARAMEDAN.com - Pemko Medan diminta agar mem­persiapkan langkah-lang­kah untuk membangun kem­bali Pasar Aksara dan gedung Buana Plaza yang terbakar, be­berapa waktu lalu.

Demikian Ketua DPD Par­tai Keadil­an Sejahtera (PK­S) H Salman Alfarisi, Lc ke­pada Ana­lisa ketika ditemui di ru­ang Fraksi PKS, Rabu (20/7).

Dikatakannya, pem­bangu­nan ini nantinya tetap mem­pertahankan warga yang me­mi­liki hak sewa agar tetap ber­jualan di tempat itu.

Karenanya, Pemko Medan harus men­data kios-kios warga te­rutama yang me­miliki hak sewa di Pasar Aksara tersebut.

Selain itu, tambahnya agar menetap­kan relokasi yang layak dengan tidak menggang­gu kepentingan publik.

Artinya, paparnya, menem­patkan para pedagang sesuai dengan hak izin pemakaian tempat berjualan yang diper­cayakan terhadap PD Pasar Kota Medan.

“Itu harus diikutkan hak izin itu, agar tidak tumpang tin­dih,”jelasnya.

“Pemko Medan itu harus te­gas dan jelas, karena kita tahu itu lahan Pemko dan pada lahan itu memang ada yang diker­jasamakan dengan PT AJI melalui PD Pasar. Jadi, jangan timbulkan kerugian bagi Pem­ko sendiri,” papar Salman yang juga anggota Komisi C DPRD Kota Medan.

Lebih lanjut anggota Fraksi PK­S itu menyatakan PT AJI memiliki tunggak­an pajak, di­ketahui kontrak dengan Pemko Medan sudah lima tahun habis, seharusnya dianggap selesai dan tidak memiliki hak peng­elolaan.

“Jadi ini harus disampaikan pihak Pemko Medan. Kita minta tegas dan jelas dalam menyelesaikan masalah Pasar Aksara tersebut. Jika sudah selesai kontrak segera putus­kan hubungan dan berikan ketegasan serta langsung ambil alih,” tukas Penasihat FPKS ini.

Pemko juga harus segera menjelaskan status lahan tersebut. Bila ada keterangan pihak kepo­lisian kekuatan gedung pascakeba­karan lalu tinggal 30 persen, ada baiknya segera diruntuh­kan supaya tidak menimbulkan korban jiwa ketika dihuni kembali, lalu segera dibangun lagi.

“Harapan kita, bangunan itu ke depannya jangan sam­pai menjadi mall atau pusat per­belanjaan moderen, tetapi hen­daknya tetap menjadi pasar tradi­sional yang rapi dan ber­sih sehingga meng­hidup­kan para pelaku Usaha Mi­kro Kecil dan Menengah (UM­KM). Jadi, kalau niatnya bukan lagi untuk pasar, kasihanlah na­sib pe­da­gang kita ini,” pa­par­nya.

Dalam kesempatan itu, Salman juga meminta pi­hak penyidik kepolisian agar terbuka dan transparan dalam menyam­paikan hasil peme­riksaan terkait penyebab keba­karan.

“Murni kecelakaan, atau ada unsur kesengajaan atau reka­yasa. Kami minta polisi serius mengusut ini,” jelas­nya. [sm]

Sumber : Harian Analisa

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Masalah Pasar Aksara, Pemko Medan Harus Te­gas dan Jelas"

Post a Comment