Xi Jinping Kunjungi Masjid di Barat Cina, Ada Apa? - Suara Medan | Info Medan Terkini

Xi Jinping Kunjungi Masjid di Barat Cina, Ada Apa?

Xi Jinping Kunjungi Masjid di Barat Cina, Ada Apa?

SUARAMEDAN.com - Presiden Cina Xi Jinping melakukan kunjungan ke masjid di wilayah Muslim di barat Cina. Dalam kunjungannya, ia mengatakan Muslim Cina harus mempromosikan harmoni sosial dan menolak penyusup di agama mereka.

Ada sekitar 21 juta Muslim di Cina. Selama ini konstitusi Cina menjamin kebebasan beragama, tapi kelompok-kelompok hak asasi mengatakan Partai Komunis Cina membatasi praktik keagamaan, khususnya Muslim. Cina membantah tegas tuduhan tersebut.

Mengunjungi Nixia, rumah bagi sekitar 2,4 juta Muslim, Xi mengatakan Muslim Cina harus mempraktikkan agama mereka sebagai bagian dari masyarakat Cina. China Daily melaporkan pada Kamis (21/7), Xi juga meminta Muslim Cina meneruskan tradisi patriotik.

"Agama di negara kita, yang endemik maupun orang-orang dari luar negeri, telah sangat tertanam dalam peradaban Cina, yang sejarahnya mencakup lebih dari 5.000 tahun," kata Xi saat mengunjungi masjid di Yinchuan.

Xi mengatakan Muslim harus tegas menentang kegiatan penyusup ilegal ke agama mereka. Xinhua melaporkan, Xi juga meminta Muslim mempromosikan kerukunan beragama dan sosial.

Pemerintah Cina mengatakan telah menghadapi kenaikan jumlah ekstremis, terutama di Xinjiang. Beijing selama ini menyalahkan ekstremis asing untuk memanaskan ketegangan terutama di Xinjiang.

Banyak kelompok hak dan buangan meragukan keberadaan ekstremis di Xinjiang. Mereka mengatakan Uighur di Xinjiang marah karena kebijakan represif Cina.


(rol)


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Xi Jinping Kunjungi Masjid di Barat Cina, Ada Apa? "

Post a Comment