Heboh Reshuffle ! Lima Menteri Menghadap, Effendi Simbolon : Yang Perlu di Ganti Pimpinannya Bukan Pembantunya - Suara Medan | Info Medan Terkini

Heboh Reshuffle ! Lima Menteri Menghadap, Effendi Simbolon : Yang Perlu di Ganti Pimpinannya Bukan Pembantunya

Heboh Reshuffle ! Lima Menteri Menghadap, Effendi Simbolon : Yang Perlu di Ganti Pimpinannya Bukan Pembantunya
SUARAMEDAN.com - Akhir - akhir ini rakyat Indonesia dihebohkan dengan Isu reshuffle. Isu reshuffle bermula dari masuknya PAN dan Golkar menjadi partai pro pemerintah, pada awal tahun ini. Semula publik hanya berspekulasi, bergabungnya kedua partai itu ke pemerintahan akan disusul alokasi kursi kabinet. Belakangan spekulasi itu menguat karena Golkar dan PAN secara terbuka mengakui menyiapkan kader untuk reshuffle.

Mendadak lima menteri mendadak menemui Presiden Joko Widodo sore ini, Jumat, 22 Juli 2016. Mereka adalah Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Koperasi Puspayoga, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Padahal, tidak ada agenda Istana Kepresidenan yang menyatakan mereka akan datang.

Kedatangan para menteri itu diduga untuk dievaluasi oleh Presiden Jokowi. Juru bicara Istana Kepresidenan Johan Budi SP mengakui hal itu. Namun, ia tidak yakin evaluasi ini berkaitan dengan isu kocok ulang kabinet atau reshuffle yang tengah berembus akhir-akhir ini.

"Kalau itu (reshuffle), saya tidak punya info. Saya kira Presiden saja yang tahu soal itu," ujar Johan saat dicegat awak media di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat, 22 Juli 2016.

Berbeda dengan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini. Effendi Simbolon pernah mengatakan dalam rangka mengembalikan kewibawaan negara dan pemerintah, maka harus dilakukan reposisi presiden. Sebab, reshuffle kabinet tidak dapat menyelesaikan persoalan negara.

Demikian disampaikan politikus PDI Perjuangan, Effendi Simbolon, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/4) lalu sebagaimana dilansir faktanews.com. Reposisi Presiden Jokowi, kata Effendi, satu-satunya jalan yang dapat mengembalikan kewibawaan negara dan pemerintah Indonesia.

“Saya bilang seharusnya dilakukan reposisi, ngapain kalau hanya dilakukan reshuffle. Hanya itu yang dapat mengembalikan kewibawaan negara dan pemerintah,” kata Effendi. Effendi mengatakan, reshuffle menteri itu tidak dapat menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi Indonesia saat ini. Sebab, menteri hanya sebagai pembantu presiden.

“Reposisi menteri itu kecil sekali, seolah-olah nyalahin pembantu. Reposisi kepada pimpinannya (presiden). Nanti, yang pasti lebih cepat lebih baik,” tegasnya.[sm]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Heboh Reshuffle ! Lima Menteri Menghadap, Effendi Simbolon : Yang Perlu di Ganti Pimpinannya Bukan Pembantunya "

Post a Comment