Turki Kembali Tangkap 1.700 Militer Terkait Kudeta - Suara Medan | Info Medan Terkini

Turki Kembali Tangkap 1.700 Militer Terkait Kudeta

Turki Kembali Tangkap 1.700 Militer Terkait Kudeta
SUARAMEDAN.com - Angkara. Pasca kudeta Turki yang gagal pada pertengahan juli yang lalu, Turki kembali memberhentikan hampir 1.700 personel militer dan menutup 131 media, yang diduga terkait upaya kudeta pada 15-16 Juli lalu.

Sejauh ini, puluhan ribu orang—termasuk polisi, hakim, guru, telah dipecat atau diskors untuk diselidiki apakah terkait dengan dalang kudeta Fethullah Gulen atau tidak.

Gulen, yang kini hidup dalam pengasingan di Pennsylvania, AS, dituding menjadi dalang percobaan kudeta yang gagal itu. Namun Gulen, yang tadinya merupakan sekutu Erdogan, membantah terlibat dalam kudeta itu. Gulen juga diyakini sebagai anggota CIA Amerika Serikat.

Pada Rabu (27/7), militer memberhentikan dengan tidak hormat tepatnya 1.684 personelnya, menurut seorang pejabat Turki yang berbicara dengan syarat anonim. Di antara mereka, termasuk 149 jenderal dan laksamana yang berarti sekitar 40 persen dari semua jenderal dan laksamana di militer Turki.

CNN Turki melaporkan lebih dari 15 ribu orang, termasuk 10 ribu tentara telah ditahan terkait kudeta yang menewaskan 246 orang dan melukai lebih dari 2.000 orang itu, mengutip menteri dalam negeri Turki.

Selain itu, pemerintah mengatakan bahwa tiga kantor berita, 16 stasiun televisi, 45 surat kabar, 15 majalah, dan 29 usaha penerbitan lain diperintahkan untuk ditutup.

Pada Rabu, sebanyak 47 jurnalis yang dianggap terkait dengan Gulen juga ikut ditahan. Pembersihan yang dilakukan pemerintahan erdogan ini dilakukan untuk membersihkan orang-orang sekuler agar tercipta stabiltitas nasional.


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Turki Kembali Tangkap 1.700 Militer Terkait Kudeta"

Post a Comment