Sial bener jadi umat Islam Baru terduga teroris langsung di-DOR Masjid dibakar, salah sendiri karena speaker. - Suara Medan | Info Medan Terkini

Sial bener jadi umat Islam Baru terduga teroris langsung di-DOR Masjid dibakar, salah sendiri karena speaker.

Sial bener jadi umat Islam Baru terduga teroris langsung di-DOR Masjid dibakar, salah sendiri karena speaker.
SUARAMEDAN.com -Hara Raya Idul Fitri adalah hari bahagia bagi Umat Islam seluruh dunia. Namun kebahagian itu tak dirasakan Umat Islam di Karubaga Kabupaten Tolikara Papua yang merayakan Idul Fitri hari ini, Jumat (17/7/20)

Kekacauan terjadi pada pelaksanaan salat Idul Fitri 1436 Hijriah di Kabupaten Tolikara, Papua. Sebuah musala dilempar dan dibakar. Warga setempat jadi ketakutan.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 07.00 WIT, Jumat 17 Juli. Umat Islam tengah melaksanakan salat Id di halaman Koramil 1702 / JWY. Saat imam mengucapkan takbir pertama, tiba-tiba beberapa orang mendekati jemaah dan berteriak.

Jemaah bubar dan menyelamatkan diri ke markas Koramil. Sejam kemudian, orang-orang itu melempari Musala Baitul Mutaqin yang berada di sekitar lokasi kejadian. Mereka juga membakar rumah ibadah tersebut. Selain musala, enam rumah dan sebelas kios pun menjadi sasaran amukan orang-orang itu.

Hingga berita ini dimuat, polisi dan TNI berjaga-jaga di sekitar lokasi kejadian. Petugas gabungan mengantisipasi kerusuhan berlanjut. Alasan pengrusakan dan pembakaran tersebut pun belum diketahui. Belum ada pula keterangan resmi dari aparat setempat. Berikut INFO yang diterima dari sumber di Papua. Sebelum kami posting kami sudah klarifikasi ke sumber untuk kevalidan data.


- Saat Umat Islam di Tolikara Papua menjalankan sholat Idul Fitri, tiba-tiba massa melempari jamaah saat Takbir ke-7 lalu masjid dibakar.

- Masjid diserbu dan dibakar orang-orang dari distrik.

- Massa yang disebut dari GIDI Papua (Gereje Injil Di Indonesia) menyerbu dan membakar masjid karena hari ini (Idul Fitri) mereka juga punya acara.

- Sehari sebelumnya GIDI sudah layangkan SURAT PERINGATAN agara Umat Islam TIDAK TAKBIRAN DAN TIDAK MENJALANKAN SHOLAT IED.

- Muslim dilarang Sholat Ied karena kata mereka hari ini adalah Harinya Yesus. Ada misionaris Luar Negeri juga disana untuk adakan acara GIDI hari ini.

- Setelah masjid dibakar, merembet ke rumah dan kios-kios pasar milik umat Islam. Barang-barang dijarah.

- 10 orang terkena luka bakar.

- Saat ini Umat Islam diungsikan

Setelah di medsos ramai berita tentang PEMBAKARAN MASJID DI PAPUA, pemerintah RI akhirnya bersuara.

Namun sangat disayangkan apa yang disampaikan pemerintah terkait pembakaran Masjid di Papua. Seperti yang dilansir CNN:


    JK: Kerusuhan Antaragama di Tolikara Disebabkan Speaker

    Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai penyebab kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Tolikara, Papua pada Jumat (17/7) pagi tadi disebabkan oleh pengeras suara (speaker).

    JK menjelaskan, di daerah tersebut ada dua acara yang letaknya berdekatan yang digelar dari dua umat agama berbeda, Islam dan Kristen Protestan.

    "Ada acara Idul Fitri, ada pertemuan pemuka masyarakat gereja. Memang asal-muasal soal speaker itu," ujar JK dalam konferensi pers di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat.


Pernyataan pemerintah ini sayang disayangkan beberapa kalangan.

"Negara itu jangan ber OPINI, negara itu menindak setiap pelanggaran HUKUM yang ada," ujar @AndiArief_AA.

"Penyerangan rumah ibadah di hari besar agama pasti terencana. Kategorinya tindakan politik, negara gagal antisipasi mungkin bagian darinya," lanjut mantan staf Presiden SBY ini.

"Viktimisasi korban (korban yg disalahkan -red) adlh lebih keji/sadis daripada pembunuhan. Pemerintah jangan dzalimi rakyatmu!" cuit @mbadaruddin.

"sy cukup paham kondisi psikologis masyarakat papua..mereka humanis dan sgt hargai perbedaan...kalau ada gejolak kukira ada provokasi...!!" tutur @ypaonganan.

Dari SURAT LARANGAN IDUL FITRI yang dikeluarkan GIDI disebutkan mereka melarang ibadah Sholat Idul Fitri.

Beberapa media juga memelintir berita "Pembakaran Masjid" jadi "Masjid Terbakar".

Sial bener jadi umat Islam di negara ini. Baru terduga teroris langsung di-DOR tembak mati di tempat. Masjid dibakar, salah sendiri karena speaker.

Sumber : metronews dan berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Sial bener jadi umat Islam Baru terduga teroris langsung di-DOR Masjid dibakar, salah sendiri karena speaker."

Post a Comment