Jalani Pemerikasaan Kedua, Gubsu Gatot Pujo Nugroho 'Aman' - Suara Medan | Info Medan Terkini

Jalani Pemerikasaan Kedua, Gubsu Gatot Pujo Nugroho 'Aman'

Jalani Pemerikasaan Kedua, Gubsu Gatot Pujo Nugroho 'Aman'
SUARAMEDAN.com - Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti, telah selesai menjalani pemeriksaan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/7). Keduanya diperiksa penyidik selama kurang lebih 14 jam sebagai saksi dalam kasus dugaan suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Medan bagi tersangka M Yagari Bhastara.

Gatot mengatakan, penyidik mencecarnya dengan 25-27 pertanyaan selama pemeriksaan. “Saya hadir untuk kedua kalinya sebagai saksi dalam kasus perkara dugaan suap. Hari ini lanjutan kemarin sekitar 25-27 pertanyaan,” ujar Gatot di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/7) malam.

Gatot mengaku diperiksa sebagai saksi bagi lima tersangka dalam kasus ini, yaitu pengacara M Yagari Bhastara, Ketua PTUN Tripeni Irianto Putro, hakim Amir Fauzi, hakim Dermawan Ginting, dan panitera Syamsir Yusfan. Namun, Gatot enggan membeberkan secara rinci soal pemeriksaannya hari ini. “Pertanyaannya tentu lebih detail kami sampaikan ke juper, juru periksa,” kata Gatot.

Dalam kasus ini, KPK telah mencegah Gatot dan Evy bepergian keluar negeri. Kasus ini bermula dari perkara korupsi dana bantuan sosial yang mengaitkan sejumlah pejabat di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Kasus korupsi yang kini ditangani Kejaksaan Agung itu digugat oleh Pemprov Sumatera Utara. Sebelum dilimpahkan ke Kejaksaan Agung, kasus ini mengendap di Kejaksaan Tinggi. Dalam proses gugatan ke PTUN Medan itu, PK kemudian membongkar dugaan praktik penyuapan yang dilakukan oleh Gerry kepada tiga hakim dan satu panitera.

Ketiga hakim PTUN Medan itu adalah Tripeni Irianto Putro, Amir Fauzi, dan Dermawan Ginting. Adapun satu panitera tersebut bernama Syamsir Yusfan. KPK menduga, Kaligis terlibat dalam penyuapan ini. Gerry beserta tiga hakim dan panitera tersebut serta Caligis kini telah ditahan.(berbagai sumber/syf)

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Jalani Pemerikasaan Kedua, Gubsu Gatot Pujo Nugroho 'Aman' "

Post a Comment