Sembilan Bulan Jokowi Berkuasa, Rupiah Semakin Terpuruk - Suara Medan | Info Medan Terkini

Sembilan Bulan Jokowi Berkuasa, Rupiah Semakin Terpuruk

SUARAMEDAN.com - Sembilan bulan menduduki kursi orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukannya memperbaiki ekonomi tapi malah membuat ekonomi Indonesia semakin terpuruk, ini terbukti dengan semakin merosotnya rupiah hingga ke level terendah dalam sejarah INdonesia. Hal ini sangat bertolak belakang dengan janji - janjinya pada kampanye yang lalu. Kondisi ini akhirnya membuat para investor ragu untuk menanamkan sahamnya di Indonesia

"Untuk mulai membersihkan rintangan seperti itu, Jokowi harus merombak kabinetnya. Tapi apakah kabinet yang baru menuju ke arah yang lebih baik atau lebih buruk adalah masalah politik terbesar untuk 2015 ini," ungkap laporan IMA Asia seperti dilansir dari CNBC, Selasa (28/7/2015).

Ketidakpastian prospek politik dan ekonomi Indonesia ke depan ternyata juga membuat para investor khawatir. Hal itu pula yang akhirnya menekan rupiah hingga jatuh ke level 13.465 per dolar AS awal pekan ini.

Keruntuhan rupiah tersebut merupakan yang ke tujuh kalinya terjadi dalam dua bulan terakhir setelah sempat diperdagangkan di level terendah sejak krisis finansial 1998. Hingga saat ini, nilai tukar rupiah telah melemah sembilan persen terhadap dolar AS dan membuatnya menjadi mata uang dengan kinerja terparah di Asia, setelah Malaysia.

"Presiden Jokowi masih bergulat mengkonsolidasikan posisinya setelah hampir setahun menjabat. Kegagalannya untuk menstabilkan koalisi, meloloskan undang-undang, dan memperbaiki lingkungan investasi lebih lanjut bisa merusak prospek jangka pendek bagi perekonomian," menurut laporan Deutsche Bank pekan lalu.

Mengutip Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, Selasa (28/7/2015), nilai tukar rupiah melemah ke level 13.460 per dolar AS. Angka tersebut melanjutkan pelemahan rupiah pada perdagangan sehari sebelumnya yang masih berada di level 13.453 per dolar AS. Jika dihitung dari awal bulan, nilai tukar rupiah telah melemah 1,08 persen.

Sementara, data valuta asing Bloomberg mencatat, nilai tukar rupiah tak banyak bergerak dan berkutat di kisaran 13.450 per dolar AS hingga 13.475 per dolar AS pada perdagangan hari ini. Rupiah tercatat dibuka di level 13.462 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Sembilan Bulan Jokowi Berkuasa, Rupiah Semakin Terpuruk"

Post a Comment