Wow ! Anggaran untuk Seleksi Capim KPK Rp. 3,5 Miliar - Suara Medan | Info Medan Terkini

Wow ! Anggaran untuk Seleksi Capim KPK Rp. 3,5 Miliar

Wow ! Anggaran untuk Seleksi Capim KPK Rp. 3,5 Miliar
SUARAMEDAN.com - Sekretariat Negara menganggarkan sekitar Rp3,5 miliar untuk seleksi calon pimpinan KPK periode 2015-2019. Namun, dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut diperkirakan hanya terpakai sepertiga.

Sejauh ini, anggaran yang sudah pasti dibelanjakan sekitar Rp1 miliar. Pengumuman nama peserta yang lolos seleksi melalui media cetak menghabiskan anggaran cukup besar sekitar Rp303.660.000.

"Kami menyewa halaman di sebuah koran nasional, sudah mengumumkan kedua tahap. Kami ngerem, ada koran yang menawarkan Rp800 juta, saya bilang ke panitia seleksi, cari yang termurah, yang penting diumumkan," kata seorang petugas keuangan yang enggan disebutkan namanya di Kantor Pelayanan dan Informasi Publik Setneg, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (22/7/2015).

Selain itu, anggaran juga dialokasikan untuk honor panitia seleksi, honor evaluator makalah pada seleksi tahap dua, dan keperluan roadshow ke-10 kota.

"Untuk honor pansel, kami mengikuti Peraturan Menteri Keuangan No. 58/2014. Untuk Ketua Rp2 juta, untuk anggota Rp1,5 juta per bulan untuk Mei hingga Desember. Begitu pun untuk transportasi roadshow, kami gunakan tiket pesawat ekonomi," katanya.

Untuk alokasi profile assessment pada tahap ketiga yang akan digelar pada 27-28 Juli, pansel telah melelang di antara berbagai perusahaan konsultan sumber daya manusia. Lelang tersebut dimenangkan oleh PT Quantum HRM Internasional, yaitu sekitar Rp400 juta.

"Dilelang supaya bisa mendapatkan (konsultan) yang terbaik, namun dengan harga termurah," ujar petugas tersebut.

Untuk tes kesehatan yang akan digelar 18 Agustus, Sekretariat Negara menganggarkan Rp3 juta per calon. "Dianggarkan Rp72 juta untuk tes kesehatan, jadi kira-kira untuk 24 orang calon. Tapi ini akan kami tawar lagi," terangnya lagi.

Dia menyatakan, keuangan pansel akan tutup buku sekitar awal September. "Setelah terpilih delapan calon pada Agustus, pasti sudah tidak ada kegiatan yang membutuhkan biaya besar. Sekitar September awal, laporan keuangan yang detil sudah bisa dipublikasikan," pungkasnya. 

Sumber : Metrotvnews.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Wow ! Anggaran untuk Seleksi Capim KPK Rp. 3,5 Miliar"

Post a Comment