BSMI Gerak Cepat Bantu Para Korban Dampak Erupsi Gunung Sinabung - Suara Medan | Info Medan Terkini

BSMI Gerak Cepat Bantu Para Korban Dampak Erupsi Gunung Sinabung

BSMI Gerak Cepat Bantu Para Korban Dampak Erupsi Gunung Sinabung
SUARAMEDAN.comLembaga Kemanusian Nasioanl Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumatera Utara segera mengirim beberapa orang relawan ke lokasi yang terkena dampak erupsi paling besar yakni di sekitaran gunung Sinabung, Rabu (2/8/2017).

Ketua Divisi Tanggap Benvana BSMI Sumut, dr.Tengku Benyamin  menerangkan rabu siang bahwa setidaknya BSMI sudah mengirimkan relawan dan keperluan yang diperlukan warga. Menurut penuturan warga erupsi kali ini sangat besar dan berkelanjutan.

“Sekitar 10 relawan di berangkatkan ke lokasi. Erupsi kali ini memang cukup besar dan berkelanjutan sampai 17 kali erupsi,” ujarnya, dengan melontakan abu vulkanik setinggi 4,2 kilometer dan meluncurkan awan panas sejauh 4,5 kilometer.

BSMI membawa peralatan dan perlengkapan yang sangat dibutuhkan oleh warga dimana  abu vulkanik cukup tebal dan dapat mengakibatkan gangguan pernafasan apalagi di dsa perbaji jarak pandang hanya sekitar 20 meter di tutupi hujan abu yang sangat  tebal.

 “Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan memberikan masker bagi warga yang terkena dampak erupsi itu,” lanjut dr.Amin, panggilan akrabnya.

Selain itu,  erupsi yang terjadi juga mengakibatkan penglihatan menjadi terganggu. “Laporan kepada kami, banyak warga masyarakat yang mengeluhkan mata mereka terasa pedih dan sakit atas dampak erupsi itu. Oleh karena itu, selain memberikan masker kami juga memberikan obat tetes mata untuk menghilangkan iritasi yang mereka rasakan, dan sejauh ini sudah ribuan masker yang kami bagikan untuk warga” jelasnya.

“Kesiagaan akan terjadinya hal- hal yang tidak diinginkan, BSMI juga turut menurunkan tim medis yang terdiri atas  ada beberapa orang dokter serta stok obat,” ujarnya.

Mereka Pasti membutuhkan bantuan medis dan obat-obatan langkah kedepan BSMI akan membuka dan mndirikan posko kesehatan bagi mereka di pengungsian, tambahnya.

BSMI dalam hal ini membuka Kran donasi bagi siapa saja yang ingin memberikan bantuan/donasi untuk masyarakat gunung sinabung melalui rekening Bank Syariah Mandiri 7066984693 a/n Yayasan Bulan Sabit Merah Indonesia dengan Call center : 085275625209.

Sumber : bsmisumut.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "BSMI Gerak Cepat Bantu Para Korban Dampak Erupsi Gunung Sinabung"

Post a Comment