DPR Berperan Kuatkan Fungsi BNP2TKI - Suara Medan | Info Medan Terkini

DPR Berperan Kuatkan Fungsi BNP2TKI

DPR Berperan Kuatkan Fungsi BNP2TKI
SUARAMEDAN.com - Binjai. Minggu. 27/08. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendukung penuh kegiatan sosialisasi ke masyarakat tentang penggunaan jalur resmi yang akan bekerja ke luar negeri. Hal ini disampaikan dalam paparannya kepada para peserta pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Program Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia yang digagas oleh Lembaga Baitul Hijrah Kota Binjai bekerjasama dengan Komisi IX DPR RI.

Panitia penyelenggara kegiatan Fitra Syamsurizal, A.Md selaku Ketua Lembaga Pendidikan Baitul Hijrah dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa hal seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terkhusus masyarakat di Kota Binjai. “Kami menginginkan masyarakat cerdas dalam mencari nafkah, memiliki skill dalam bidang pekerjaannya, memahami dampak buruk dari pekerjaan yang di tekuninya. sosialisasi prosedur penempatan tenaga kerja luar negeri ini adalah wadah yang pas untuk kami bisa mendapatkan info dan data valid” ujar Fitra. Kegiatan yang dikemas dalam diskusi panel ini dihadiri oleh 60 orang peserta yang terdiri dari ibu PKK, masyarakat umum, LSM serta perangkat desa yang ada di Kecamatan Binjai Selatan.

Kegiatan sosialiasasi dibuka H. Anshori Siregar, Lc, yang menyatakan DPR berperan menguatkan fungsi BNP2TKI, dan mengharapkan agar masyarakat ikut mendukung peranan dari BNP2TKI. “Calon TKI masih sering dihantui oleh praktik jual beli job yang membebankan dari pihak agensi. Pasalnya seringkali pihak agensi meminta biaya kepada Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) setelah TKI bekerja ke luar negeri. Target kita jelas, kita ingin tekan cost serendah mungkin. TKI tidak boleh dibebani biaya yang tidak lazim. Jadi biaya harus semurah mungkin. Jual beli job order ini sepenuhnya dikendalikan oleh PPTKIS dan agensi. Jadi dalam menyelesaikan masalah ini kami berharap pemerintah fokus pada pembinaan PPTKIS” ungkap Anshory Anggota Komisi IX DPR RI dalam sosialisasinya.

Kegiatan yang menghadirkan Direktur Kerjasama dan Verifikasi Dokumen Penempatan BNP2TKI Dr. Haposan Saragih, Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan dan Pemberdayaan Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Medan Drs. M. Rizal Saragih. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Binjai yang di wakili oleh Bapak Sumarno.

Dalam pemaparan narasumber ke dua dari BNP2TKI menyatakan bahwa bekerja menjadi TKI di Luar Negeri harus menjadi pilihan ke dua. Pilihan pertamanya adalah bekerja di dalam Negeri. "Menurut saya lebih baik bekerja di dalam Negeri, bisa membangun negeri sendiri. Kalau bekerja di Luar Negeri itu membangun negara lain. Saya lebih senang agar bisa bekerja di dalam Negeri menjadi pilihan pertama," papar Haposan Saragih di Binjai Estete Kecamatan Binjai Selatan.

Ia mengatakan untuk menjadi TKI harus melalui prosedur yang benar tidak boleh tertipu, jangan sampai menjadi masalah dan berangkat tanpa melalui prosedur. Intinya jika ingin menjadi TKI carilah informasi yang benar bisa di website BNP2TKI atau datang ke BP3TKI Medan di jalan Pendidikan No 357 Mariendal. Haposan juga menegaskan bagi yang masih menganggur silahkan bekerja di Luar Negeri tapi itu hanya pilihan ke dua, pilihan pertama tetap bekerja di dalam Negeri. Bekerja di Luar Negeri ada aturannya, harus mengikuti prosedur yang benar dan diingatkan akan lebih baik lagi jika yang bekerja ke luar negeri adalah bapak-bapaknya/laki-lakinya, sedangkan ibunya bisa mengurus keluarga di rumah.

Dalam kesimpulan sosialisasi ini Anshory berharap kepada masyarakat agar bisa memahami prosedur dan mekanisme menjadi TKI. TKI di Luar Negeri menjadi tangggung jawab BNP2TKI dan Kementerian Luar Negeri. Ada sekitar 6 juta TKI berada di Luar Negeri, dulu yang paling banyak pekerja rumah tangga di Saudi Arabia, Qatar, dan Negara Timur Tengah. Di Asia Fasifik juga banyak TKI baik yang resmi maupun non prosedural. TKI non prosedural sering menjadi masalah, mereka telah meninggalkan suami dan keluarga. Ini yang menjadi masalah dan membuat pemerintah pusing. Jangan anggap ini persoalan sederhana ini persoalan serius dan harus ditangani. Terus dipikirkan oleh pemerintah, agar semua masalah TKI menjadi clear. Ada banyak persoalan dan ini perlu diselesaikan masalah secara bersama-sama. [Hr]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "DPR Berperan Kuatkan Fungsi BNP2TKI"

  1. yuk..., segera bergabung dengan kami di updatebetting
    add pin aku ya 7.A.C.D.8.5.6.0

    ReplyDelete