Alamakjang....Utang Indonesia ternyata Untuk Melunasi Utang - Suara Medan | Info Medan Terkini

Alamakjang....Utang Indonesia ternyata Untuk Melunasi Utang


Alamakjang....Utang Indonesia ternyata Untuk Melunasi UtangSUARAMEDAN.comJakarta - Banyaknya hutang Luar Negeri Indonesia ternyata bukan "mengeluarkan" Indonesia dari kesulitan ekonomi, namun malah sebaliknya. Hal tersebut di sampaikan melalui Menteri Keuangan, Sri Mulyani kepada awak media. 


Sri Mulyani mengaku kondisi Rancangan APBN (RAPBN) 2017 di zaman Jokowi ini tidak sehat. Hal Ini terjadi karena adanya defisit keseimbangan primer senilai Rp 111,4 triliun.


Keseimbangan primer adalah total penerimaan dikurangi belanja negara tanpa pembayaran bunga utang. Sri Mulyani mengatakan, bila keseimbangan primer ini defisit, itu berarti pemerintah menarik utang untuk membayar bunga utang.

"Keseimbangan primer yang negatif artinya pemerintah telah pada titik di mana kita meminjam untuk melakukan pembayaran interest rate. Jadi sebetulnya itu merupakan indikator bahwa kita meminjam bukan untuk investasi, tapi meminjam untuk keperluan men-service utang masa lalu," kata Sri Mulyani di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Mantan Direktur Bank Dunia ini mengatakan, pemerintah harus berhati-hati dalam pengelolaan RAPBN 2017. "RAPBN ini sebenarnya kurang sehat, harus berhati-hati," jelasnya.

RAPBN 2017 akan memiliki nilai Rp 2.070,5 triliun, dan penerimaannya adalah Rp 1.737,6 triliun. Akan ada defisit Rp 332,8 triliun atau 2,41% dari PDB.

Sri Mulyani mengatakan, banyak negara sekarang berupaya agar defisit keseimbangan primernya berkurang mendekati nol atau bahkan positif. Sehingga, APBN tidak menjadi predator atau tidak mampu melakukan ekspansi belanja lewat penerimaan sendiri.

"Tentu saya kalau mengatakan begini, sangat berkaitan dengan kemampuan Indonesia untuk mengelola utang dengan tingkat suku bunga serendah mungkin," kata Sri Mulyani. 
Pemerintah Indonesia, lanjut Sri Mulyani, tidak bisa menerbitkan surat utang dengan bunga rendah seperti Amerika Serikat (AS) atau Jepang. Karena itu, pengelolaan APBN harus sangat berhati-hati dengan defisit primer yang terjadi. (wdl/hns)

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Alamakjang....Utang Indonesia ternyata Untuk Melunasi Utang"

Post a Comment