PAHAM dan Aliansi Masyarakat Sumut Adakan Aksi Solidaritas Untuk Rohingya - Suara Medan | Info Medan Terkini

PAHAM dan Aliansi Masyarakat Sumut Adakan Aksi Solidaritas Untuk Rohingya

Dodi Chandra SH MH, ketua PAHAM Sumut saat menyampaikan orasinya di depan gedung DPRDSU
SUARAMEDAN.com -Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM)  menggelar Aksi Solidaritas Internasional untuk Etnis Rohingya, Rabu (30/8/217) siang di depan Gedung DPRD Sumatera Utara Jalan Imam Bonjol Medan.

Aksi yang dimulai dari Lapangan Merdeka diikuti berbagai unsur masyarakat yakni Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Indonesia Cabang Sumatera Utara, PKPU Human Initiative, BSMI Sumut, DPP KAUMI, KAMMI Sumut dan FSLDK Sumut.

Koordinator Aksi, Dodi Chandra SH MH menjelaskan bahwa saat ini Etnis Rohingya telah menjadi korban kejahatan kemanusiaan/ pelanggaran berat hak asasi (Genocida) dilakukan oleh tentara Myanmar yang merupakan instusi resmi pemerintah Myanmar. Hal tersebut merupakan penderitaan yang sangat mendalam bagi Etnis Rohingya. 

“Kami mengutuk keras kejahatan kemanusiaan atau Genocida yang dilakukan oleh tentara dan pemerintah Myanmar terhadap Etnis Rohingya,” ujarnya.

Aliansi Masyarakat juga meminta kepada pemerintah Indonesia agar menyampaikan teguran keras kepada pemerintah Myanmar. “Kami mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan seluruh masyarakat Internasional untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan oleh tentara Myanmar serta menangkap pemimpin Myanmar dan mengadilinya di Mahkamah Kejahatan Internasional,” jelas Ketua PAHAM Sumut ini.

Dalam aksi yang juga diikuti para pengungsi Rohingya di Medan ini, Aliansi  Masyarakat juga meminta kepada United Nations High Comisioner For Refugees (UNCHR) dapat memproses dengan baik pengungsi Rohingya dan kemudia menempatkannya ke negara ketiga, agar pengungsi Etnis Rohingya dapat hidup normal sebagaimana layaknya. 

Adapun perwakilan Massa diterima oleh Anggota DPRD Sumut yakni Ikrimah Hamidy (FPKS), Nezar Djoeli (Nasdem) dan Basir (FPKS) DPRD Sumut juga mengapresiasi kegiatan yang digelar Aliansi Masyarakat menyampaikan sikap secara resmi kepada wakil masyarakat yakni DPRD. 

Ikrimah Hamidy juga mengungkapkan keprihatinan dan duka cita anggota DPRD Sumut atas nasib saudara-saudara etnis Rohingya yang mengalami kezaliman. “Kami akan menyampaikan kepada Departemen Dalam dan Luar Negeri  aspirasi yang kami terima dan akan Kami tindak lanjuti dengan membuat surat secara resmi dan mengirimnya ke lembaga terkait di pusat karena permasalahan ini ditangani oleh pemerintah pusat,” jelasnya.

DPRD Sumut juga meminta masyarakat untuk terus menggelorakan isu Rohingya agar permasalahan ini diperhatikan dan tidak dibiarkan begitu saja. (isl/kk/sy/sm)



Subscribe to receive free email updates:

loading...

2 Responses to "PAHAM dan Aliansi Masyarakat Sumut Adakan Aksi Solidaritas Untuk Rohingya"

  1. yuk.. gabung di u*p*d*a*t*e*b*e*t*t*i*n*g dan menangkan hadiah menariknya

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya, dan jangan lupa kunjungi kami di http://blackwaletcare.com/wajah-ada-jerawat-batu-atasi-dengan-sabun-black-walet/

    ReplyDelete