Dinas PU Sambung Drainase Di Jalan Balai Kota Untuk Atasi Genangan Air - Suara Medan | Info Medan Terkini

Dinas PU Sambung Drainase Di Jalan Balai Kota Untuk Atasi Genangan Air



SUARAMEDAN.com -Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan mengerjakan penyambungan drainase dan box culvert  di Jalan Balai Kota Medan,  persisnya depan Hotel Grand Aston, Kamis (24/8) dinihari. Dengan pengerjaan yang dilakukan ini diharapkan mampu mengatasi genangan air yang selalu terjadi di seputaran Lapangan Merdeka setiap kali hujan deras turun.
            Menurut Kadis Pekerjaan Umum Kota Medan, Khairul Syahnan, genangan air yang terjadi selama ini akibat tidak tersambungnya  saluran drainase.  Akibatnya air hujan tidak tersalurkan menuju  titik pembuangan sehingga menggenangi badan jalan.  Tak pelak kondisi itu sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas.
            “Dengan penyambungan saluran drainase yang kita lakukan dinihari ini, insya Allah mampu mengatasi genangan air yang selama ini terjadi di seputaran Lapangan Merdeka ketika hujan deras turun,” kata Syahnan.
            Dijelaskan Syahnan, penyambungan saluran drainase itu dilakukan dengan menggunakan box culvert. Pria berkacamata ini optimis penggunaan box culvert ini  akan memaksimalkan fungsi saluran drainase yang disambung. Sebab, box culvert itu merupakan beton bertulang berbentuk segi empat  yang memiliki spigot dan socket.
            “Kegunaan spigot dan socket ini untuk menjadikan box culvert menjadi kedap terhadap masuknya air tanah (eksfiltrasi) dan tetap menyatu walaupun terjadinya pergeran tanah. Di samping itu penyambungan saluran drainase dengan menggunakan box culvert lebih cepat dan mudah,” jelasnya.
            Di samping itu, jelas Syahnan, penggunaan box culvert akan mengamankan drainase dari masuknya tanah maupun sampah yang memicu terjadinya penyumbatan sehingga air tidak dapat mengalir.  “Dengan demikian  drainase nantinya akan jauh relatif aman dari terjadinya penyumbatan yang disebakan tanah maupun sampah yang masuk,” terangnya.
            Guna mendukung kelancaran pengerjaan penyambungan drainase, Dinas PU menurunkan sejumlah alat berat, termasuk mobil crane yang digunakan untuk menurunkan box culvert dalam drainase.  Proses pengerjaan berjalan dengan lancar,  selain didukung peralatan yang memadai, pekerja yang diturunkan juga sudah terbiasa mengerjakan pemasangan box culvert.
“Pengerjaan sengaja kita lakukan dini hari  agar penyambungan drainase berjalan lancar dan tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas, sebab volume kenderaan yang melintasi kawasan ini sangat tinggi hingga mendekati tengah malam. Pokoknya malam ini juga harus selesai agar tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas,”  paparnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Dinas PU Sambung Drainase Di Jalan Balai Kota Untuk Atasi Genangan Air"

  1. segera bergabung dengan kami di u+p+d+a+t+e+b+e+t+t+i+n+g
    add pin aku ya 7.A.C.D.8.5.6.0

    ReplyDelete