BPKK PKS: Peringatan Harganas Harus Maksimalkan Fungsi Keluarga - Suara Medan | Info Medan Terkini

BPKK PKS: Peringatan Harganas Harus Maksimalkan Fungsi Keluarga

SUARAMEDAN.com -Memperingati Hari Keluarga Nasional pada 29 Juni 2018,  Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan, Sri Rezeki mengajak untuk mengingat dan memaksimalkan fungsi keluarga.

Hal itu disampaikan Ibu Kiki - panggilan akrabnya- kepada Suaramedan di sela kesibukannya, Jumat pagi (29/6/2018).

"Dengan Hari Keluarga Nasional ini, sangat penting bagi kita untuk kembali mengingat 8 Fungsi Keluarga menurut BKKBN," ujanya.

Menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Keluarga memiliki beberapa fungsi yakni fungsi Agama,  Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi serta Pembinaan Lingkungan.

"Jika fungsi-fungsi ini diterapkan dalam setiap keluarga, maka akan tercapai kekokohan keluarga yang diidamkan dan membantu terwujudnya kemajuan bangsa dan negara," ujar pengurus Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Medan itu.

Kiki juga mengingatkan bahwa dalam berkeluarga, semua anggota keluarga berperan aktif di dalamnya. Ia juga tak lupa mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H utk seluruh Keluarga Indonesia yang merayakannya.

Sejarah Harganas mulanya dari 1945 Indonesia setelah menyatakan kemerdekaannya. Namun situasi bangsa ini belum begitu kondusif. Bahkan untuk mempertahankan kemerdekaan, diberlakukannya wajib militer bagi rakyat.

Hal ini menjadikannya mereka berpisah dengan keluarga. Melalui perjuangan yang gigih, pada 22 Juni 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Seminggu kemudian, tepatnya 29 Juni 1949, para pejuang kembali kepada keluarganya. Inilah yang melandasi lahirnya Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Pada gilirannya, pada 1992 Presiden Republik Indonesia (RI) saat itu menetapkan tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional. Penetapan ini dilatarbelakangi pemberian penghargaan kepada rakyat Indonesia yang telah berjuang merebut dan mempertahankan RI dengan meninggalkan keluarganya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "BPKK PKS: Peringatan Harganas Harus Maksimalkan Fungsi Keluarga"

Post a Comment