Wali Kota Instruksikan Camat, Lurah & Kepling Jaga & Awasi Rumah Warga Yang Mudik - Suara Medan | Info Medan Terkini

Wali Kota Instruksikan Camat, Lurah & Kepling Jaga & Awasi Rumah Warga Yang Mudik

SUARAMEDAN.com -Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menginstruksikan  kepada seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan (kepling) untuk mengawasi dan menjaga rumah warga yang ditinggal  mudik di wilayah kerjanya masing-masing. Penjagaan dan pengawasan itu dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan tenang bagi warga yang merayakan Hai Raya Idul Fitri 1439 H bersama keluarga di kampung halamannya.

            Dikatakan Wali Kota, penjagaan dan pengawasan itu dilakukan dengan mengaktifkan kembali siskamling serta berkoordinasi dengan para tetangga di sekitar rumah warga yang pulang mudik. Dengan demikian para tetangga ikut serta melakukan penjagaan sehingga rumah warga yang kosong itu aman dari incaramasing-masing.n pencuri.

            “Lebaran tinggal beberapa hari lagi, tentunya tidak sedikit warga yang ingin mudik untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halamannya. Guna memberikan rasa aman dan tenang bagi warga yang mudik, saya minta camat, lura kepling untuk mengawasi dan menjaga rumah warga yang ditinggal mudik tersebut,” kata Wali Kota di Medan, Minggu (10/6).

            Jika dalam penjagaan dan pengawasan yang dilakukan ditemukan hal mencurigakan, Wali Kota minta kepada para aparatnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat segera melaporkannya kepada pihak keamanan agar segera dilakukan tindakan pengamanan, “Untuk itu jalin terus sinergitas dan koordinasi dengan petugas Babinsa dan Babinkantibmas!” ujanya.

            Selanjutnya bagi arga yang hendak mudik, Wali Kota juga berpesan agar tidak lupa menitipkan rumah yang akan ditinggalkan kepada tetangga maupun kepling sehingga diketahuirumah itu dalam kondisi kosong guna dilakukan penjagaan.

            Sebelum meninggalkan rumah, Wali Kota pun mengingatkan agar warga lebih dahulu memastikan rumah dalam kondisi terkunci dan mematikan seluruh aliran listrik guna mencegah terjadinya korsleting. Di samping itu menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar, sebab dalam sepekan belakangan ini cuaca cukup panas sehingga rentan memicu terjadinya kebakaran.

            “Disamping listrik, warga juga saya minta agar tidak lupa memastikan aliran air maupun gas yang ada di dalam rumahnya. Selain berbahaya, juga akan merugikan secara materi apabila air dan gas dibiarkan hidup selama rumah kosong ditinggal mudik,” pesannya.

            Terakhir, Wali Kota berpesan, sebelum mudik bagi warga yang menaiki mobil pribadi hendaknya memperhatikan kondisi mobil, terutama mesin sehingga perjalanan mudik dapat berjalan dengan aman dan lancar. Di samping itu senantiaa mematuhi peraturan lalu lintas, berhati-hati dan selalu mengutamakan keselamatan.

            “Bagi warga yang mudik dengan mengendarai angkutan umus, pastikan kenderaan yang dinaiki benar-benar layak serta penumpangnya tidak berdesak-desakkan agar memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik berlangsung. Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemko Medan, saya mengucapkan selamat merayakan lebaran bersama anggota keluarga di kampong halaman masing-masing,” ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Wali Kota Instruksikan Camat, Lurah & Kepling Jaga & Awasi Rumah Warga Yang Mudik"

Post a Comment