Parmas Pilgubsu 2018 Tertinggi, Ini Analisa Bang Rudi - Suara Medan | Info Medan Terkini

Parmas Pilgubsu 2018 Tertinggi, Ini Analisa Bang Rudi

SUARAMEDAN.com -Wakil Ketua DPD PKS Kota Medan, Rudiyanto Simangunsong menyambut gembira tingkat partisipasi masyarakat (Parmas) di PilGub 2018 ini lebih tinggi dibandingkan dengan PilGub 2013 yang hanya 47%.

"Di hari pemilihan Gubernur kemarin di TPS-TPS di Kota Medan memang kita melihat banyak warga yang berbondong-bondong datang untuk memilih. Ini tentu sesuatu yang menggembirakan," ujarnya pada Suaramedan, Sabtu (30/6/2018).

Peningkatan pasrtisipasi masyarakat ini dinilai, Bang Rudi -sapaan akrabnya- bisa jadi karena sosialisasi yang masif yang dilakukan oleh KPU Sumut.  Walau di lapangan masih banyak yang harus dibenahi.

Selain sosialisasi KPU, Bang Rudi melihat tingginya tingkat partisipasi pemilih juga  dikarenakan beberapa faktor, terutama adanya kesadaran politik masyarakat untuk mengambil haknya.

"Kemudian, itu juga tak terlepas dari peran Ulama yang terus mengingatkan ummat akan kewajiban memilih pemimpin sesuai dengan pikiran ummat," urai Rudi.

Kondisi politik nasional juga sangat mempengaruhi pemilih untuk hadir dan memilih. Sebab Masyarakat melihat dengan vulgar bagaimana perilaku pemerintah selama ini kepada masyarakat.

Rudi juga yakin bahwa semangat #2019GantiPresiden mendasari dan menjadi isu yang sangat menarik dalam Pilkada 2018 ini.

"Dari kesemua itu, kami melihat tren dan tagar #2019GantiPresiden akan menjadi isu yang sangat menarik menilik hasil Pilkada secara umum maupun Pilgubsu secara khusus," ujarnya.

Bang Rudi kemudian meminta pemenang PilGub Sumut yaitu Edi Rahmayadi dan Musa Rajeksyah untuk dapat memajukan dan mensejahterakan Sumatera Utara. Sementara kepada Djarot dan Sihar ia mengajak agar tetap konsisten dengan niat dalam membangun Sumatera Utara.

Sebelumnya, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) umut) Divisi SDM dan Parmas, Yulhasni menjelaskan bahwa Partisipasi masyarakat dalam Pilkada merupakan yang tertinggi selama pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang diadakan di Sumut.

“Parmas Sumut pada Pilgubsu 2018 mencapai 63,3 %. Naik tajam jika dibandingkan Pilgubsu 2008 dengan persentase 54% dan Pilgubsu 2013 dengan persentase 47 %,” jelasnya.

Secara khusus, parmas Kota Medan tahun ini sebesar 58,38,%. Jumlah ini jauh meningkat dari pilkada terakhir (Pilwalkot) yang hanya sebesar 25,8%.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Parmas Pilgubsu 2018 Tertinggi, Ini Analisa Bang Rudi"

Post a Comment