Wali Kota Salurkan Zakat Pemko Medan Untuk 10.000 Warga Kurang Mampu - Suara Medan | Info Medan Terkini

Wali Kota Salurkan Zakat Pemko Medan Untuk 10.000 Warga Kurang Mampu

SUARAMEDAN.com -Wali Kota Medan menyerahkan zakat untuk 10.000 warga kurang mampu yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan, Sabtu (2/6). Zakat yang dibagikan tersebut merupakan hasil zakat dari Wali Kota beserta keluarga, Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis beserta seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan.

      Penyerahan zakat itu dilakukan Wali Kota didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH di halaman Masjid Raya Al Osmani Jalan Kol L Yos Sudarso, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan. Untuk Kecamatan Medan Labuhan, sebanyak 800 paket yang dibagikan. Selanjutnya paket itu diberikan kepada 800 warga kurang mampu nyang bermukim di 6 kelurahan.

                Adapun  zakat yang dibagikan tersebut berupa paket berisi beras sebanyak 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak gorek 1 liter serta uang tali asih.  Pembagian zakat ini disaksikan Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan, Kabag Agama Adlan, Kabag Humas Ridho Nasution, Ketua BKM Masjid Raya Osmani Ahmad Fahruni serta  Camat Medan Labuhan Arrahman Pane beserta jajaran lurah.

  Pembagian zakat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemko Medan setiap bulan Ramadhan tiba sebagai bentuk rasa peduli terhadap sesama yang hidupnya kurang beruntung.  Wali Kota berharap agar zakat yang diberikan itu dapat membantu meringankan beban warga kurang mampu dalam menjalani ibadah puasa sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H. 

"Semoga dengan pembagian zakat ini warga kurang mampu bisa merasa tenang dan lebih khusuk melaksanakan ibadah puasa yang tinggal 13 hari ini, termasuk persiapan untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1439 H," kata Wali Kota.

     Warga sangat terharu menerima zakat tersebut. Salah seorang warga yang telah berusia lanjut, Hasanah (75), warga Kelurahan Sei Mati merasa bersyukur atas pemberian zakat tersebut. Dia mengaku sangat terbantu sekali dengan diberikannya zakat itu di tengah kondisi pekonomian  yang sulit seperti saat ini.

      "Alhamdulillah, saya merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas pemberian zakat dari Bapak Wali Kota. Apalagi pemberian zakat ini dilakukan rutin setiap bulan Ramadhan tiba. Semoga pemberian zakat seperti ini terus dilakukan dan kami pun senantiasa mendoakan agar Bapak Wali Kota diberi kekuatan dan kesehatan sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” ungkap Hasanah.

                Usai pembagian zakat, Wali Kota didampingi Ketua TP PKK selanjutnya meninjau ruangan dan sekeliling Masjid Raya Osmani. Peninjauan ini dilakukan untuk melihat kondisi masjid bersejarah. Dia  berharap masjid bersejarah dan tertua di Kota Medan serta kini masuk menjadi salahs atu cagar budaya itu tetap terawat dengan baik.

                Sementara itu di tempat terpisah, Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi membagikan zakat di Kanor Lurah Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli. Sebanyak 600 paket zakat dibagikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin  dan warga kurang mampu yang bermukim di kecamatan tersebut.

                Ditegaskan Wakil Wali Wali Kota, zakat yang dibagikan itu bukan berasal dari APBD  melainkan zakat dari para pejabat di lingkungan Pemko Medan dan dikumpulkan menjadi satu untuk selanjutnya dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya. “Zakat ini merupakan  bentuk kepedulian dalam rangka membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang hidup dalam kekurangan,” jelas Akhyar.

                Sedangkan Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis membagikan  zakat kepada 1.000 warga kurang mampu di Kecamatan Medan Belawan. Pembagian dipusatkan di Kantor Camat Medan Belawan Jalan Cimanuk disaksikan Kadis Komifo Kota Medan Zein Noval dan Kepala Kesbang Linmas Ceko Wakhda Ritonga.

                Total zakat yang dibagikan Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekda sebanyak  2.400 paket zakat, sedangkan sisanya 7.600 paket jakat lagi dibagikan oleh pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan di 18 kecamatan lainnya. Wali Kota berpesan, penyaluran  seluruh zakat Pemko Medan sebanyak 10.000 paket itu selesai hari itu juga.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Wali Kota Salurkan Zakat Pemko Medan Untuk 10.000 Warga Kurang Mampu"

Post a Comment