Pastikan Layanan Berjalan Normal, Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pastikan Layanan Berjalan Normal, Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi

SUARAMEDAN.com -Usai memimpin apel pagi di Balai Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi segera sidak mendatangi  dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, Kamis (21/6). Kedua OPD itu yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jalan Iskandar Muda dan RSUD Dr Pirngadi Medan Jalan Prof HM Yamin Medan.

                Sidak ini dilakukan Wali Kota untuk melihat tingkat kehadiran para pegawai sekaligus kesiapan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Wali Kota ingin masyarakat yang membutuhkan pelayanan baik itu menyangkut administrasi kependudukan maupun kesehatan dilayani  dengan sebaik-baiknya.

                “Liburan panjang lebaran dan cuti bersama sudah berakhir, mulai hari ini kita kembali bekerja dan  melayani masyarakat seperti biasa. Saya minta  berilah pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Saya tidak mau mendengar ada warga mengeluh  terkait dengan pelayanan yang diberikan!” kata Wali Kota.

                Didampingi Asisten Umum Setdakot Medan Ikhwan Habibi Daulay dan Kabag Humas Ridho Nasution, Wali Kota pertama kami mendatangi  Disdukcapil. Pagi itu jumlah warga yang  membutuhkan pelayanan terkait administrasi kependudukan tidak banyak seperti biasanya.  Wali Kota pun menghampiri dan menyapa satu persatu warga yang tengah antri menunggu giliran.

                Selain jenis pelayanan yang tengah diurus, Wali Kota juga menanyakan terkait proses dan kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan. Umumnya warga mengaku sudah baik, cuma saja mereka berharap agar waktu penyelesaian dapat lebih cepat karena administrasi kependudukan seperti KK, KTP, Akta Kelahiran maupun Surat Pindah sangat vital.

                Saran warga pun langsung ditindak lanjuti Wali Kota, Kadisdukcapil OK Zulfi pun langsung diperintahkan untuk mempercepat penyelesaiannya. “Jangan biarkan warga lama menunggu, percepat semua pengurusan. Jika ada kendala, segera sampaikan sehingga bisa diambil langkah-langkah mengatasinya,” ungkapnya.

                OK Zulfi pun langsung mengangguk, Wali Kota selanjutnya mengecek seluruh ruangan kantor berlantai tiga tersebut. Ketika melakukan pengecekan, lampu  di ruang lantai dua sempat dua kali padam karena instalasi tengah menjalani perbaikan. Selain ruangan, toilet  yang ada juga tidak luput dari pemeriksaan Wali Kota.  Selain kurang terjaga kebersihannya,  toilet juga menebarkan aroma kurang sedap dan sangat menusuk hidung.

                Guna mengatasi masalah toilet tersebut,  Wali Kota minta agar Kadisdukcapil menugaskan petugas cleaning service untuk membersihkan dan menjaga toilet ada sehingga kebersihannya senantiasa terjaga. “Toilet yang ada harus terjaga kebersihannya. Kalau toilet kotor dan menebarkan aroma kurang sedap seperti ini, tentunya sangat mengganggu kenyamanan warga yang tengah menunggu pengurusan,” pesannya.

                Selanjutnya menyikapi  berulangkali padamnya lampu di lantai dua, Wali Kota memerintahkan Kadisdukcapil segera menghubungi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan untuk mengatasi secepatnya. Dengan demikian warga tetap merasa nyaman meski harus antri menunggu giliran.

                Untuk tingkat kehadiran, Kadisdukcapil OK Zulfi mengatakan mencapai 98 % dari jumlah total 240 ASN di lingkungan Disdukcapil. Kemudian Zulfi pun berjanji segera menindaklanjuti  apa yang menjadi masukan Wali Kota dalam sidak tersebut. Setelah itu Wali Kota melanjutkan sidak ke RSUD Dr Pirngadi Medan.

             

Sidak dimulai dari Instalasi Gawat Darurat (IGD), kemudian dilanjutkan dengan meninjau ruang poliklinik yang sedari pagi ramai dikunjungi oleh masyarakat dan tengah menunggu giliran mendapatkan pengobatan. Wali Kota pun menyapa mereka seraya menanyakan kondisi kesehatan sekaligus memberikan motivasi agar tetap semangat. “Insha allah setelah ditangani, penyakit akan sembuh,” ujar Wali Kota. 

Dalam sidak tersebut, Wali Kota juga memuji kehadiran dan pelayanan yang diberikan seluruh petugas medis dan jajaran RSUD Dr Pirngadi. Di samping siaga  untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan, presentase kehadiran para pegawai pasca liburan panjang lebaran dan cuti bersama mencapai 98%.

Selain Wali Kota,  Pemko Medan juga menurunkan Tim Inspeksi Mendadak di lingkungan Pemko Medan yang beranggotakan pegawai dari sejumlah OPD dalam rangka meningkatkan disiplin ASN  sesuai Surat Keputusan Wali Kota Medan No.800/1085.K tanggal 22 Desember 2017.  Tim yang beranggotakan 39 orang itu selanjutnya diturunkan mendatangi seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan, termasuk kantor kecamatan.

Tidak hanya memantau kehadiran ASN, tim juga akan mengumpulkan  dan membawa absensi manual serta finger print. Setelah itu tim melakukan rekapitulasi kehadiran ASN dari OPD yang dikunjungi serta melaporkan hasil rekapitulasi kepada  BKD & PSDM Kota Medan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pastikan Layanan Berjalan Normal, Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi"

Post a Comment