Alamakjang... Pemerintahan Jokowi Berencana Menutup Facebook dan Youtube - Suara Medan | Info Medan Terkini

Alamakjang... Pemerintahan Jokowi Berencana Menutup Facebook dan Youtube

SUARAMEDAN.com - Jakarta. Keinginan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menutup semua platform media sosial yang masih meloloskan konten negatif yang mengancam keamanan negara ternyata telah dibuktikan, Salah satunya dengan menutup akses Telegram.

Pemerintah beralasan hal ini di dasari karena peran media sosial dalam peracikan bom, misalnya. Pernyataan ini dilontarkan menteri menyusul beberapa aksi terorisme yang terjadi di Indonesia. Terakhir, peracik bom panci Agus Wiguna (22) belajar meracik melalui internet. 
Reaksipun beemunculan dari warganeg atas rencana pemerintah yang di anggap konyol ini. Mulai dari yang mengganggap pemerintah jokowi lebay hingga yang mengganggap pemerintah cuma menggogap (bahasa batak = menggertak).
Menurut Rudiantara, penyebaran konten negatif terbagi menjadi dua baik melalui situs internet maupun media sosial. Untuk situs internet, masih bisa terkontrol oleh pemerintahan. 
Rudiantara mengatakan, sejak tahun 2016, pemerintah sudah meminta platform medsos untuk menutup konten negatif di medsos. Namun, sampai saat ini baru sekitar 50% konten negatif yang ditutup oleh platform.
"Sampai sekarang memang baru mencapai 50% yang dilakukan penyedia platform. Ini memang mengecewakan," kata dia.
Penutupan ini, kata Rudiantara, dilakukan secara bertahap. Pemerintah akan membatasi terlebih dahulu iklan-iklan ditayangkan di medsos. Sebab, bisnis utama platform medsos ialah penayanangan iklan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Alamakjang... Pemerintahan Jokowi Berencana Menutup Facebook dan Youtube"

Post a Comment