Mengejutkan !!! Mendadak Gerindra Keluar Dari Pansus KPK - Suara Medan | Info Medan Terkini

Mengejutkan !!! Mendadak Gerindra Keluar Dari Pansus KPK


Mengejutkan !!! Mendadak Gerindra Keluar Dari Pansus KPK SUARAMEDAN.com - Jakarta.- Pansus KPK yang sedang berjalan mendadak mendapat kejutan baru. Fraksi yang selama ini mencecar KPK mendadak mengundurkan diri dari Pansus KPK mengikuti "sahabat karibnya" PKS yang sedari awal tidak ikut dalam "kapal" yang bernama Pansus KPK tersebut.


Pengamat politik dari Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) Indonesia Arif Susanto mengatakan, keputusan Gerindra untuk mundur dari Pansus Angket KPK mengesankan inkonsistensi sikap partai. Mulanya Gerindra walk out saat Rapat Paripurna memutuskan persetujuan angket untuk KPK.

"Kemudian, Gerindra memutuskan untuk terlibat dalam Pansus Angket tersebut dengan alasan untuk mengawasi kinerja Pansus. Kini, mereka memutuskan untuk keluar dari Pansus," kata Arif, Kamis 27 Juli 2017.

Padahal, menurutnya sejak awal telah terbaca bahwa pembentukan Pansus Angket KPK adalah bagian dari upaya pelemahan KPK oleh DPR. Jejak pelemahan tersebut bahkan terentang mulai dari upaya revisi UU KPK oleh DPR pada 2012, yang kemudian berlanjut hingga 2015 dan 2016, meskipun kesemuanya gagal. Awal 2017, DPR juga permah melakukan sosialisasi revisi UU KPK.

"Artinya, seluruh fraksi sesungguhnya telah memiliki pengetahuan dan kesadaran tentang posisi sikap DPR terhadap KPK," ucap Arif.

Permainan politik semacam ini bisa menghasilkan efek positif, jika kesan buruk berhasil disematkan kepada para pendukung Pansus Angket KPK. Namun, efek negatif menurutnya mungkin akan dituai jika Gerindra gagal menegaskan kontra-posisi mereka dibandingkan fraksi-fraksi lain di DPR.

"Pada akhirnya, publik perlu menyikapi secara kritis posisi sikap DPR terhadap agenda anti-korupsi, terutama setelah pengusutan mega-korupsi KTP elektronik," kata Arif.


sumber : Republika

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Mengejutkan !!! Mendadak Gerindra Keluar Dari Pansus KPK "

  1. mari buruan yang jauh merapat, yang dekat silahkan daftar,mainkan dan menangkan hadiahnya, hanya di updatebetting

    ReplyDelete