Biji-bijiannya ini Ternyata Super Food - Suara Medan | Info Medan Terkini

Biji-bijiannya ini Ternyata Super Food


Hasil gambar untuk biji-bijianSUARAMEDAN.com - Saat menikmati buah, seringkali kita membuang bagian bijinya tanpa ragu. Padahal, biji dari beberapa buah bisa dikategorikan sebagai makanan super karena memiliki kandungan gizi yang baik.


Times of India merangkum setidaknya ada lima macam biji yang bisa dikonsumsi sebagai makanan super. Berikut ini ialah kelima biji tersebut.

Biji Labu
Biji dari buah labu memiliki beberapa kandungan gizi yang baik di mana beberapa di antaranya adalah asam lemak tak jenuh tunggal dan lemak omega 6. Di sisi lain, biji labu juga kaya akan vitamin E, vitamin B kompleks dan juga mineral seperti mangan, tembaga, potasium, kalsium, besi, magnesium, seng serta selenium.

Agar bisa dikonsumsi, biji labu sebaiknya direbus dahulu selama 5-10 menit. Keringkan biji labu, lalu masak biji labu dengan sedikit minyak dan garam.

Biji Pepaya
Biji pepaya merupakan sumber kalsium, magnesium dan fosfor yang baik. Biji berwarna hitam ini juga memiliki efek antibakteri dan antiinflamasi pada sistem pencernaan. Biji ini bisa dikonsumsi secara keseluruhan atau dicampur dengan madu untuk menutupi rasa biji pepaya yang pahit.

Biji Rami
Biji yang populer dengan nama flax seed ini memiliki kandungan lemak omega 3 yang sangat kaya. Di samping itu, biji rami juga mengandung serat, vitamin B1, mineral, tembaga, magnesium dan selenium.

Sebelum dikonsumsi, biji rami bisa disangrai terlebih dahulu. Setelahnya, biji rami bisa ditaburkan ke dalam sup atau makanan lain untuk dikonsumsi.

Biji Semangka
Dalam biji semangka terdapat beberapa kandungan yang baik seperti vitamin B kompleks dan mineral. Beberapa mineral tersebut di antaranya magnesium, fosfor, seng, besi, potasium dan tembaga.

Agar bisa dikonsumsi, biji semangka harus dibiarkan agar tumbuh terlebih dahulu. Setelahnya, keringkan biji semangka. Kupas kulit biji semangka sebelum dimakan.

Biji Chia
Biji chia merupakan sumber lemak omega 3 dan juga mineral yang baik. Beberapa mineral yang terkandung dalam biji chia adalah besi dan kalsium.

Cara terbaik untuk mengonsumsi biji chia ialah dengan merendam biji tersebut semalaman di dalam setengah cangkir air. Biji chia siap dikonsumsi di pagi hari.

Biji Bunga Matahari
Banyak yang cukup familiar untuk mengonsumsi biji bunga matahari. Biji bunga matahari mengandung lemak omega 6 dan kaya akan vitamin E serta B kompleks. Biji bunga matahari juga mengandung mineral seperti kalsium, besi, mangan, seng dan asam amino triptofan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Biji-bijiannya ini Ternyata Super Food"

  1. mari segera bergabung bersama kami di agen updatebetting...
    silakan daftar , deposit , mainkan dan menangkan hadiahnya
    ditunggu yahhh kehadiran anda

    ReplyDelete