Mau Tahu Cara Memasak Tanpa Mengurangi Nutrisi di Dalamnya? - Suara Medan | Info Medan Terkini

Mau Tahu Cara Memasak Tanpa Mengurangi Nutrisi di Dalamnya?


Hasil gambar untuk nutrisi makananSUARAMEDAN.com - JAKARTA -- Ahli gizi dr Monica Joice Viona Parasvita menjelaskan, dalam setiap proses memasak, memang pasti selalu akan ada nutrisi yang terbuang. Hal ini terjadi karena berbagai faktor.


Di antaranya, proses pengadukan yang kurang tepat, waktu memasak yang terlalu lama, hingga kontaminasi bakteri yang terdapat di dalam dapur dengan masakan. “Tidak semua orang mengerti cara memasak yang benar. Tapi, setidaknya dengan memasak sendiri kita bisa mengontrol tingkat kebersihan bahan makanan, waktu pemasakan, dan penggunaan suhu yang tepat,” jelasnya.

Menurutnya, memasak dengan perangkat yang bisa mengunci nutrisi dapat meminimalisir terbuangnya nutrisi karena proses pemasakan yang kurang tepat. Kemarin, diperkenalkan Healsio Automatic Cookware dari PT Sharp Electronic Indonesia. Perangkat memasak ini memiliki berbagai fitur yang memungkinkan kegiatan memasak lebih sehat, lezat, dan mudah.

Healsio unik karena menawarkan pengalaman memasak tanpa air sama sekali lewat fitur waterless cooking. Fitur memasak tanpa air juga mampu membuat kandungan vitamin dan nutrisi dalam sayuran dan masakan tetap terjaga.

Fitur yang memungkinkan hal ini adalah Automatic Cooking yang terdiri dari dua jenis, yaitu automatic heat dan automatic stirring.

Automating heat mampu mengatur tingkatan panas dalam memasak yaitu tinggi , sedang dan rendah. Pengaturan ini dapat berjalan sempurna dikarenakan adanya dua sensor yang dibenamkan di dalam produk, yaitu steam sensor dan temperature sensor.

Kedua sensor ini mampu mendeteksi jenis makanan guna menghindari masakan hangus dan  meluap. Sedangkan fitur automatic stirring merupakan pengaduk otomatis yang mampu membuat masakan menyatu dengan baik.

Fitur ini dapat mendeteksi jenis dan jumlah makanan yang hendak dimasak. Perangkat ini memiliki 330 pola gerakan memutar yang disesuaikan dengan jenis masakan dan pengaturan masakan. Dengan alat ini ada sekitar 115 menu masakan yang bisa dihasilkan. Mulai dari, siomay, rendang, hingga selai.

Untuk bisa memasak di perangkat ini pun caranya sangat mudah. Chef Odie Jamil menjelaskan, pengguna cukup memasukkan semua bahan yang diperlukan ke dalam Healsio. Kemudian pilih jenis pengadukan dan waktu yang diperlukan. “Panduan tentang jenis adukan dan waktu yang diperlukan, tersedia di dalam buku panduan yang sudah disiapkan,” jelasnya.

Untuk memasak rendang kaleyo, misalnya. Pengguna cukup memasukkan daging, bahan-bahan yang sudah dihaluskan, garam, dan santan bubuk. “Dagingnya cukup dicuci saja karena nanti dia akan empuk sendiri. Santan yang digunakan juga disarankan yang bubuk karena memang konsep waterless yang diusung Healsio,” lanjut Odi.

Apabila biasanya memasak rendang memerlukan waktu enam jam, kini cukup dengan 90 menit saja. Setelah masakan jadi, perangkat ini akan secara otomatis berada dalam mode menghangatkan sehingga pengguna selalu dapat menikmati makanannya dalam kondisi hangat.

Tak hanya makanan uama, Healsio juga dapat digunakan untuk membuat makanan penutup hingga selai. Untuk membuat selai stroberi, pengguna hanya membutuhkan potongan buah stroberi, gula pasir, dan air perasan lemon.

Semua bahan dimasukkan ke dalam perangkat, dan masukkan setting untuk membuat hidangan penutup dalam waktu 40 menit. Selai dapat segera jadi dengan sendirinya, sementara pengguna bisa bersantai atau mengerjakan pekerjakan rumah lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Mau Tahu Cara Memasak Tanpa Mengurangi Nutrisi di Dalamnya?"

  1. mari segera bergabung bersama kami di agen updatebetting...
    silakan daftar , deposit , mainkan dan menangkan hadiahnya
    ditunggu yahhh kehadiran anda

    ReplyDelete